PERSIAPKAN HADAPI SERANGAN HOAX PADA HARI PEMUNGUTAN SUARA, KPU SUSUN STRATEGI BERSAMA

65 views

 

Jakarta, kpujatim.go.id- Tujuh (7) hari menjelang hari pemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mengajak jajarannya menyusun strategi bersama untuk menghadapi serangan hoax pada hari pemungutan suara. Yang selanjutnya forum ini dikemas dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemanfaatan Media Sosial untuk Sosialisasi Pemilu 2019.

Rakornas digelar di hotel Sultan jalan Gatot Subroto RT 1 RW 3, Jakarta. Dilaksanakan selama tiga hari, Rabu sampai dengan Jum’at, tanggal 10-12 April 2019.

Komisioner KPU RI, Viryan dalam arahannya menyampaikan ada hal mendesak terkait dengan persiapan 7 hari ke depan sampai dengan tahapan rekapitulasi, sehingga penting mengadakan Rakornas.

“Akan ada banyak pemberitaan hoax sampai dengan masa rekapitulasi ini. Untuk itu, ada  hal yang perlu dilakukan KPU serta jajarannya ke bawah sampai dengan Relawan Demokrasi. Pertama, terkait dengan medsos. Ketika akan memposting sesuatu pastikan posisi Kita sebagai penyelenggara. Jangan sampai menyakiti hati pemilih dan menunjukkan keberpihakan. Pastikan jajaran Kita untuk menegaskan bahwa menyelenggarakan pemilu dengan cara terbaik,” tegas Viryan (10/4).

Kemudian kedua, menurut Viryan, hal yang perlu dilakukan lagi dengan membuat hal-hal sederhana yang bisa diposting oleh tim meme yang ada di setiap KPU Provinsi. Ketiga, memastikan bisa menjawab isu hoax dengan basis data yang sesungguhnya.

Mangimbuhkan yang disampaikan Viryan, Anggota KPU RI, Hasyim Asy’ari menuturkan bahwa dalam waktu 3 hari di masa tenang, KPU perlu melakukan langkah strategis di darat.

“KPU harus memaksimalkan medsos untuk menyampaikan informasi di darat. Dan membantah informasi hoax dengan data. Sehingga penting bagi penyelenggara untuk memahami data,” tutur Hasyim.

Rakornas dihadiri jajaran Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan, Viryan, Evi Novida Ginting Manik, Hasyim Asy’ari, Pramono Ubaid Tanthowi, beserta Sekretariat. Dengan mengundang Divisi yang membidangi Sosialisasi serta Kasubag atau staf Operator Website dari 34 KPU Provinsi di Indonesia. Dari Jawa Timur sendiri hadir mengikuti Rakornas Pemanfaatan Media Sosial untuk Sosialisasi Pemilu 2019 yakni, Divisi Sosdiklih dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro dan staf Operator Website, Risa.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

KPU Jatim pemilu Pilgub Jatim Politik

Posting Terkait