Peringatan Hari Pramuka, AKBP Didit BWS: Membangun Karakter Tangguh, Kreatif dan Mandiri

Trenggalek – Peringatan 58 tahun Gerakan Pramuka Kabupaten Trenggalek yang dipusatkan di bumi perkemahan Umbulan Desa jajar Kecamatan Gandusari berlangsung khidmad dan meriah. Rabu (14/08)

Ribuan Pramuka dari jenjang siaga, penggalang, penegak hingga pandega memadati tanah lapang yang disiapkan sebagai lokasi apel besar hari jadi Pramuka. Berbagai atribut khas kepanduan seperrti bendera, hiasan dari tongkat dan tali temali menghiasi kanan kiri lapangan.

Apel besar yang mengambil tema `Bersama Seluruh Komponen bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI` tersebut dipimpin langsung oleh Bupati H.M. Nur Arifin yang juga menjabat sebagai Kakwarcab Trenggalek.

Sementara di panggung kehormatan nampak hadir pula Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H., Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto, S.Sos., Ketua harian Kwarcab Mahsun Ismail, jajaran pengurus Pramuka Kwarcab, Kwaran, Kamabigus dan para pembina Pramuka.

Dalam amanat Ka Kwarnas yang dibacakan oleh Bupati menekankan tentang petingnya peran serta Pramuka dalam mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba. Selain itu, Pramuka diharapkan juga menjadi pelopor cinta produk dalam negeri, tanggap bencana alam serta mempunyai rasa setia kawan yang tinggi dan yang tak kalah penting adalah Pramuka harus memiliki rasa nasionalisme dan bersama-sama menjaga NKRI.

Dikonfirmasi terpisah, AKBP Didit menuturkan, keberadaan Pramuka telah terbukti berperan positif dalam pembangunan karakter generasi muda yang tangguh, kreatif dan mandiri. Hal ini pula yang terus di kembangkan jajaran Polres Trenggalek dalam kepramukaan melalui berbagai kegiatan Krida yang ada dalam Pramuka Saka Bhayangkara yang nota bene berada dibawah naungan Polres Trenggalek.

“Saka Bhayangkara terus kita dorong untuk menjadi salah satu pelopor pembinaan generasi millenial melalui jalur Pramuka sehingga tumbuh generasi muda yang trengginas, terampil, cerdas dan tentunya memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme tinggi” Ujar AKBP Didit

Masih kata AKBP Didit, Kegiatan Pramuka haruslah mengikuti perkembangan zaman. Menyesuaikan dengan pola pikir modern tanpa meninggalkan ciri khas yang tercantum dalam Dasa Dharma Pramuka dan Tri Satya.

“Agar Pramuka bisa menjadi kegiatan favorit dan lebih diminati oleh generasi muda saat ini dan yang akan datang” Ujar AKBP Didit

Tak ketinggalan, dalam kesempatan tersebut, AKBP Didit mengucapkan selamat kepada seluruh anggota Pramuka Indonesia di manapun berada.

“Selamat Hari Pramuka yang ke-58. Semoga dari Pramuka lahir para pemimpin-pemimpin muda yang handal untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Sukses untuk Pramuka Indonesia.” Pungkasnya

Acara ditutup dengan penyerahan piala dan tropi penghargaan kepada Pramuka berprestasi tingkat kabupaten Trenggalek.

Trenggalek

Related Post