PENGUNJUNG STAND PEMILU EXPO KPU JATIM MEMBLUDAK, MELAYANI CEK DPT HINGGA GAME KEPEMILUAN

Petugas dari KPU Jatim Menjelaskan Cara Mencoblos kepada Pengunjung

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

 

Surabaya, kpujatim.go.id – Stand Pemilu Expo Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur banjir pengunjung. Itu terlihat dari jumlah pengunjung yang datang ke lokasi stand 53 – 54 Pemilu Expo, lantai 3, Grand City Surabaya yang jumlahnya sangat membludak. Hingga Rabu (10/10) petang, jumlah pengunjung Pemilu Expo mencapai 300 orang.

Kedatangan pengunjung Pemilu Expo yang juga memeriahkan Jatim Fair tersebut, tidak hanya didominasi calon pemilih. Justru sebagian besar adalah kalangan pemilih pemula dan anak-anak. Mereka tidak ingin melihat langsung dari dekat terkait kepemiluan, juga banyak yang bertanya tentang hal yang berkaitan dengan tahapan Pemilu 2019.

Untuk pengujung dari kalangan pemilih pemula, selain mendapat penjelasan tentang Pemilu 2019 dari petugas penjaga stand Pemilu Expo. Juga bisa melihat maket Tempat Pemungutan Suara (TPS), simulasi pemungutan suara dan juga ada yang mencek langsung apakah sudah masuk dalam pemilih atau tidak.

“Sangat membantu kami selaku pemilih pemula, setidakny abisa paham apa itu Pemilu dan tahapan yang akan dilalui. Juga bisa cek langsung apa sudah masuk DPT,” ujar salah satu pemilih pemula asal Kabupaten Probolinggo, Andik Susanto.

Tidak hanya kalangan pemilih pemula saja. Anak-anak juga sangat menikmati stand Pemilu Expo yang dibuka selama pagelaran Jatim Fair 2018. Kebanyak anak-anak tersebut menikmati permainan (game) kepemiluan yang ada di stand, seperti ular tangga demokrasi, dark game kepemiluan dan tebat tahapan Pemilu.

“Ada hadiah yang cukup menarik buat anak-anak, sekaligus juga bisa memberi pengetahuan sejak dini terkait Pemilu dan demokrasi,” terang Joko Purnomo, pengunjung asal Kabupaten Bojonegoro.

Sementara itu, petugas stand Pemilu Expo KPU Provinsi Jawa Timur, Zein Arif menyatakan semakin menjelang malam jumlah pengunjung mengalami peningkatan. Dia menyebutkan, dark game kepemiluan menjadi daya tarik para pengunjung. Itupun tidak hanya dari kalangan pemilih pemula, para ibu-ibu juga cukup berminat.

“Door price yang kami sediakan cukup banyak, sehingga pengunjung bisa menikmati saat berkunjung ke stand Pemilu Expo,” pungkasnya.

Selain itu, di stand Pemilu Expo juga membuka dan memberika pelayanan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Dalam GMHP sendiri pengunjung bisa melakukan cek pemilih di stand dan sekaligus bisa download aplikasi.

(BAY)

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : KPU Jatim