Pemkab Madiun Sosialisasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (LRT) untuk penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu tahun 2018

Bertempat di Ruang Rapat Eka Kapti Pemkab madiun melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Madiun mengadakan kegiatan koordinasi penanggulangan kemiskinan di Gedung, Senin (1/10/2018).

Kegiatan itu diwujudkan dalam bentuk Sosialisasi Sistim Layanan dan Rujukan Terpadu (LRT) untuk penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu tahun 2018. Hadir dalam sosialisasi itu diantaranya, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Madiun, Camat, Kepala Desa dan Perangkat Desa se – Kabupaten Madiun. Sementara narasumber sosialisasi itu diantaranya SLRT dari Kementrian Sosial Republik Indonesia dan Kepala BPS Kabupaten Madiun.

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, S.Sos menuturkan, berdasarkan hasil Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2017 tingkat kemiskinan di Kabupaten Madiun sebesar 12,28 persen, masih di atas angka Provinsi Jawa Timur yakni sebesar 11,77 persen, dan nasional 10,12 persen.

Dari data sistim informasi pelayanan program penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial, SLRT memberikan layanan bagi warga miskin dan rentan miskin melalui keberadaan sekretariat SLRT di tingkat Kabupaten/Kota, dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di Desa/Kelurahan serta penjangkauan oleh fasilitator dari unsur Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

“Kita patut berterima kasih pada Pemerintah Pusat khususnya Kementrian Sosial RI karena, Kabupaten Madiun merupakan salah satu dari 60 Kabupaten/Kota di 32 Provinsi di Indonesia sebagai penerima pilot project SLRT Tahun 2018, ” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya SLRT ini semua warga miskin di Kabupaten Madiun dapat terlayani dengan program penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial. Diharapkan, melalui sosialisasi ini akan membangun komitmen, kerjasama dan kerja keras yang nantinya menjadi motor penggerak perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan di masa depan.

“Saya berharap acara ini akan semakin memperkokoh komitmen, semangat, kerjasama, dan keberpihakan kita kepada warga miskin dan mereka yang tertinggal. Saya juga berharap dengan adanya sosialisasi SLRT ini akan terbentuk pusat kesejahteraan sosial(Puskesos di semua desa di Kabupaten Madiun, ” pungkasnya

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : Pemkab Madiun