Pembinaan Keamanan Untuk Pencegahan Kejahatan Terorisme

Salah satu tantangan nyata bagi keutuhan dan kesatuan bangsa ini diantaranya adalah radikalisme dan terorisme. Demikian pembukaan sambutan Kepala Bakesbangpol yang dibacakan oleh Dra. Nina Umi Haniin Kabid Hubungan Antar Lembaga pada Bakesbangpol saat membuka kegiatan Fasilitasi Kegiatan Pembinaan Keamanan Untuk Pencegahan Kejahatan Terorisme Di Kabupaten Tulungagung Tahun 2018 yang diselenggarakan pada hari Rabu, 19 desember 2018 di Narita Hall. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Kustanto.SH,MH Akademisi, Letda Wawan Handaru Pasi Intel Kodim 0807, Iptu Ondik Andrianto, SH Kaur Bin Ops Satuan Intelkam Polres Tulungagung. Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah unsure TNI-Polri, ASN, Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Senkom Mitra Polri, Tokoh Pemuda, serta Tokoh Pencak Silat.

Masih dalam sambutan Kepala Bakesbangpol, terorisme tidak hanya menimbulkan kerugian material dan nyawa manusia serta menciptakan rasa takut di masyarakat, akan tetapi terorisme juga telah mengoyak keutuhan bangsa dan Negara. Bahkan terorisme telah membuat sesame anak bangsa saling curiga dan bermusuhan. Untuk itu diperlukan kesamaan sudut pandang untuk upaya pencegahan terorisme di Indonesia. Seperti disampaikan Letda Wawan Handaru dari Kodim 0807 beberapa ciri dari terorisme adalah adanya niat dan kesempatan untuk melakukan teror dan rasa takut, dilakukan oleh orang atau kelompok tertentu secara terorganisir serta menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar kehidupan berbangsa dan bermasyarakat di Tulungagung tetap aman, tentram dan kondusif terhindar dari gangguan dan ancaman radikalisme dan terorisme yang mungkin terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Sumber : Pemkab Tulungagung

Pemkab Tulungagung Tulungagung

Related Post