Pembangunan Desa Terbukti Efektif Memajukan Indonesia

121 views

PEMBANGUNAN pedesaan dengan kucuran Dana Desa selama beberapa tahun terakhir disebut-sebut sangat efektif untuk memajukan Indonesia. Dana yang masuk ke desa mampu membawa perputaran uang di desa, mengungkit ekonomi masyarakatnya dan mengurangi pengangguran.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni saat membuka Bursa Inovasi Desa tahun 2018 Kabupaten Ponorogo di Pendopo Agung Ponorogo, Rabu (19/12/2018) menyatakan, anggaran yang digelontorkan terbukti mampu mengungkit ekonomi dan mengurangi pengangguran.

Sekjen Kemendes PDTT RI Anwar Sanusi saat emberikan sambutan pada pembukaan Bursa Inovasi Desa tahun 2018 Kabupaten Ponorogo di Pendopo Agung Ponorogo, Rabu (19/12/2018).

“Ini karena ada pembukaan lapangan kerja dari pembelanjaan Dana Desa yang dikucurkan pemerintah,” ungkapnya.

Karena itulah, pemerintah serius memperhatikan desa-desa di Indonesia. Buktinya, total anggaran Dana Desa dalam APBN akan naik signifikan. Dari Rp 60 triliun di 2018 menjadi Rp 73 triliun di 2019 nanti.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni saat memberikan sambutan dalam rangka pembukaan acara Bursa Inovasi Desa tahun 2018 Kabupaten Ponorogo di Pendopo Agung Ponorogo, Rabu (19/12/2018).

“Tapi perputaran uang dari DD ini saja tidak cukup. Diperlukan ide-ide kreatif dari kepala desa dan warganya untuk meningkatkan perekonomian yang ada,” ujarnya.

Forum yang bernama Bursa Inovasi Desa, menurut Ipong menjadi salah satu cara untuk bisa menemukan ide dan berlomba-lomba untuk mengembangkan desanya masing-masing.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dan Sekjen Kemendes PDTT RI Anwar Sanusi menandatangi prasati sejumlah proyek desa di sela pembukaan Bursa Inovasi Desa tahun 2018 Kabupaten Ponorogo di Pendopo Agung Ponorogo, Rabu (19/12/2018).

“Kalau memang belum punya ide, jangan malu untuk meniru. Boleh meniru desa tetangga atau desa dari daerah lain,” ungkapnya.

Untuk Ponorogo, Ipong menyatakan memimpikan munculnya banyak desa wisata di Ponorogo. Sektor wisata bisa digarap sampai ke desa-desa sebab dalam pengamatannya, Ponorogo panorama dan budaya Ponorogo tidak tertandingi dibanding daerah lain. (kominfo/dist)

Sumber : Pemkab Ponorogo

Pemkab Ponorogo Ponorogo

Posting Terkait