Pelantikan dan Ulang Janji Pengurus Kwartir, Kamabicab Harap Prestasi Pramuka Kian Terukir

MADIUN – Kwartir Cabang Madiun memiliki kepengurusan baru. Pelantikan ketua dan pengurus untuk masa jabatan 2019-2024 berlangsung khidmat, Selasa (13/8) malam. Bertempat di halaman belakang rumah dinas walikota, pelantikan dan ulang janji di pimpin langsung Walikota Madiun Maidi.

Walikota Maidi berharap pengurus baru segera dapat menyesuaikan diri guna melaksanakan tugas yang diemban. Mengedepankan kecermatan dalam pikiran, bijak dalam perbuatan, serta melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Mengedepankan Tri Satya dan Dasa Darma dan selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

‘’Ada banyak tantangan ke depan, Pramuka harus siap selalu berfikir kreatif dan inovatif,’’ kata walikota yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) saat Pelantikan Ketua dan Pengurus Serta Pelaksanaan Ulang Janji Kwartir Cabang Madiun itu.

Pramuka, lanjut walikota, memegang peranan penting dalam pendidikan. Terutama pendidikan karakter. Seperti diketahui, Pramuka mengajarkan kedisiplinan, kemandirian, keberanian, percaya diri, kerja sama, hingga sopan santun. Pendidikan seperti itu penting untuk menciptakan generasi yang lebih berkualitas ke depan.

‘’Masa yang akan datang butuh pemimpin-pemimpin yang seperti itu. Ini harus disiapkan sedari sekarang. Pramuka harus turut di dalamnya,’’ ungkapnya.

Walikota juga mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk turut memahami peran penting Pramuka. Memahami undang-undang Pramuka dalam menjalankan pendidikan karakter tersebut. Harapannya, OPD juga dapat masuk membantu peran Pramuka sesuai dengan tupoksi masing-masing. Tanpa dukungan bersama organisasi Pramuka akan sulit menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal.

‘’Ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Mari kita dukung, agar Pramuka semakin baik ke depannya,’’ pungkasnya.

Dalam pelantikan itu, Kepala Disnaker Kota Madiun Suyoto kembali didapuk sebagai Ketua Kwartir Cabang Kota Madiun. Sejumlah Kepala Dinas Pemkot Madiun juga mengisi sejumlah jabatan di Pramuka. Seperti, Kepala BKD Haris Rahmanudin sebagai Wakil Ketua (Waket) Harian, Kepala Dinas Pendidikan Heri Wasana sebagai Waket Bidang Anggota Muda dan Saka, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ahsan Sri Hasto selaku Waket Bidang Pembinaan Anggota Dewasa, Kepala Satpol PP Sunardi Nurdahyono sebagai Waket Bidang Organisasi dan Hukum, Kepala Dinas Kominfo Subakri sebagai Wakil Ketua Bidang Hubungan Masyarakat, Pengabdian Masyarakat, Kemitraan dan Lingkungan Hidup. Satu jabatan Wakil Ketua diisi Direktur Teknologi dan Komersial PT Inka Agung Sedayu yang menjadi Waket Bidang Keuangan, Usaha, Sarana dan Prasarana. (ws hendro/agi/diskominfo)

Postingan ini Pelantikan dan Ulang Janji Pengurus Kwartir, Kamabicab Harap Prestasi Pramuka Kian Terukir kali pertama muncul di Pemerintah Kota Madiun .

Sumber : Pemkot Madiun

Pemkot Madiun

Related Post