Patroli Polsek Dongko Masuk ke Kawasan Hutan 

Polres Trenggalek – Personel Patroli Polsek Dongko Polres Trenggalek siang ini melaksanakan mobiliing ke kawasan hutan dalam rangka antisipasi terjadinya gangguan keamanan sekaligus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Dari pelaksanaan patroli ke kawasan hutan tersebut di kendalikan oleh Kanit Sabhara Aiptu Muryanto dan mengarahkan untuk sasaran utamanya kawasan hutan Perhutani masuk Dusun Karangtengah Desa Dongko RPH Sumberbening BKPH Dongko. Kamis (14/11)

Tampak Kanit patroli Polsek Dongko Polres Trenggalek Aiptu Muryanto dan anggota masuk di hutan dan mengecek tanaman produksi pinus mercusi yang sedang digarap oleh penyadap. Dan tak lupa sisipkan pesan agar hati-hati dalam bekerja serta tidak membersihkan lokasi garapan dengan cara dibakar mengingat hal itu merupakan rawan terjadinya kebakaran.

“Tolong jika membersihkan lokasi garapan, agar tidak dengan cara dibakar mengingat hal itu merupakan rawan terjadinya kebakaran,” kata Aiptu Muryanto.

Setelah dirasa cukup, kemudian Kanit Sabhara berpamitan untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.

Sewaktu ditemui Aiptu Muryanto mengatakan, siang ini saya bersama anggota lakukan kegiatan patroli preventif. Selain itu karena sekarang adalah waktunya musim kemarau panjang, maka kami fokuskan patroli untuk menyasar ke sejumlah kawasan hutan dan lahan di wilayah hukum guna mengantisipasi terjadinya karhutla.

“Mengingat musim kemarau panjang saat ini, dari pelaksanaan patroli kami mengambil langkah untuk memfokuskan cek dan ricek ke sejumlah kawasan hutan atau lahan di wilayah hukum,” ujarnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., ketika tim ini menghubungi melalui telepon selulernya.

“Ya benar,  siang ini anggota kami lakukan patroli ke sejumlah titik lokasi hutan dan lahan guna deteksi sekaligus mengantisipasi karhutla. Karena tindakan pencegahan adalah yang utama,” ungkapnya.

AKP Tri Basuki menerangkan, selain langkah antisipasi, kami sebelumnya juga sudah lakukan koordinasi bersama tiga pilar Kecamatan dan stake holder yang bertujuan untuk menyamakan visi dan misi serta persepsi terkait penanganan jika terjadi karhutla.

“Sebagai bentuk pencegahan, sudah selayaknya anggota memberikan edukasi kepada masyarakat agar menjaga ekosistemnya serta tidak melakukan cara-cara ketika membuka ataupun membersihkan lahan dengan membakar,” terang Kapolsek yang akrab disapa Tribas ini.

Semoga dengan upaya ini tidak terjadi karhutla diwilayah hukum, tandasnya.

Sumber : Polres Trenggalek

Polrestabes Trenggalek

Related Post