PASTIKAN KETEPATAN PENCETAKAN FORMULIR, KPU JATIM BERSAMA KABUPATEN/ KOTA COCOKKAN DATA

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Tujuh puluh lima  (75) hari menjelang pelaksanaan pemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar Rapat Koordinasi dan Pencocokan Data Calon Legislatif Partai Politik DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota Pemilu 2019 dengan Daftar Calon Tetap (DCT) sebagai Dasar Pencetakan Formulir Tungsura, bersama KPU Kabupaten/ Kota di wilayahnya. Rakor bertempat di aula lantai II  kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Muhammad Arbayanto menyampaikan bahwa pada kesempatan ini akan melakukan approval formulir pemilu 2019. “Mohon diperhatikan secara cermat, karena informasi di dalamnya lebih detail dari formulir pemilu sebelumnya. Namun, konsekuensinya benar-benar harus cermat, termasuk memastikan calon yang ada di DCT benar-benar sama dengan di SK DPT,” jelas Arba (1/2/2019).

Kemudian Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta menerangkan di dalam proses pengadaan dan distribusi logistik, KPU harus memegang empat (4) prinsip sebagaimana disampaikan Ketua KPU RI.

“Yang pertama harus tetap sesuai jumlah. Jumlahnya sudah Kita sesuaikan dalam rakor sebelumnya. Kemudian harus tepat secara kualitas, dan ini sudah Kita sesuaikan dengan peraturan-peraturan logistik yang ada. Lalu Kita juga harus tepat secara distribusinya, berdasarkan jenjangnya, apakah dia untuk PPK, Kabupaten/ Kota dan lain-lain. Dan kemudian juga harus tepat waktu,” terang Shinta kepada peserta.

Nah khusus tepat secara kualitas, selain tentang spesifikasi menurut Shinta juga harus tepat tentang isinya.

“Isi dari logistik tersebut harus sesuai dengan Keputusan-keputusan KPU RI dan KPU Kabupaten/ Kota berdasarkan jenjangnya. Maka dari itu, approval ini Kita tujukan agar apa yang tercetak nantinya sesuai dengan SK. Untuk itu Kita juga melibatkan KPU Kabupaten/ Kota dalam memeriksa apakah logistik yang akan Kita cetak ini sudah sesuai dengan kondisi-kondisi,” jelasnya.

Shinta mengungkapkan pula pengadaan formulir pemilu 2019 melalui e-katalog, jadi yang melaksanakan lelang itu KPU RI. Pada hari Rabu, tanggal 30 Januari 2019 KPU Jatim sudah melakukan kontrak dengan rekanan. “Secepatnya rekanan akan melakukan pencetakan, dan pastinya sebulan sebelum pemungutan suara, formulir sudah harus ada di KPU Kabupaten/ Kota. Jadi sebelum itu, sudah harus selesai,” pungkas Shinta.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim