Musnahkan Balon Udara, Ini Pesan Kapolres Trenggalek

65 views

Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek memusnahkan puluhan balon udara disaksikan oleh Instansi terkait dan tamu undangan lainnya usai mengikuti Apel Konsolidasi Operasi Ketupat Semeru 2019 dan Persiapan pengamanan sidang perselisihan hasil pemilu di Mapolres. Kamis (13/06)

Balon tersebut merupakan balon udara yang berhasil diamankan oleh jajaran Kepolisian dari beberapa wilayah saat lebaran Ketupat yang ditengarai dapat membahayakan. Ukuran balon itu sendiri bervariasi dari yang ukuran sedang hingga diameter 2 meter dan panjang mencapai 10 meter.

AKBP Didit mengatakan, balon udara liar, selain membahayakan dunia penerbangan juga berpotensi sebagai penyebab kebakaran mengingat material balon udara terbuat dari bahan yang mudah terbakar.

“Sangat riskan jika jatuh dengan kondisi masih menyala kemudian menimpa rumah, lahan pertanian ataupun jaringan listrik. Yang dirugikan adalah masyarakat luas.” Ungkap AKBP Didit

Jauh hari sebelumnya, masih kata AKBP Didit pihaknya telah menginstruksikan jajaran dan Bhabinkamtibmas untuk mensosialisasikan bahaya menerbangkan balon udara. Pendekatan persuasif ini dimaksudkan untuk mencegah atau meniminalisir maraknya penerbangan balon udara oleh masyarakat dengan dalih merayakan lebaran ketupat yang dinilai sudah menjadi tradisi.

“Sudah difasilitasi dengan festival balon udara yang digelar distadion Menak Sopal Kelutan” Imbuhnya

Berdasarkan pantauan tim redaksi, tradisi balon udara sudah jauh berkurang jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, ratusan balon udara terlihat berterbangan di udara kawasan Trenggalek saat lebaran.

“Ini semua berkat kesadaran masyarakat Trenggalek” Imbuhnya

Kedepan, pihak Kepolisian akan menindak tegas bagi siapapun yang masih nekat menerbangkan balon udara liar sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Trenggalek

Posting Terkait