Mulai Besok Polres Trenggalek Akan Gelar Operasi Zebra Semeru 2019

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek dalam waktu dekat akan menggelar operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi `Zebra Semeru 2019`. Guna mengecek kesiapan dan persiapan baik dari sisi personel Polres Trenggalek menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) di Rupatama Mapolres Trenggalek.Senin (22/10).

Latpraops yang dikuti oleh seluruh anggota yang terlibat operasi tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H selaku Kaopsres didampingi para pejabat utama dan Kapolsek jajaran.

“Operasi Zebra Semeru 2019 dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 23 Oktober sampai dengan 5 November 2019.” Ungkap AKBP Jean Calvijn

“Operasi ini mengedepankan kegiatan penegakan hukum bidan lalu lintas secara selektif prioritas guna menciptakan Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman” Imbuhnya

Adapun tujuan operasi ini adalah tertib administrasi Ranmor dan pengemudi melalui identifikasi keabsahan administrasi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku serta meningkatkan kesadaran berlalu lintas yang lebih baik melalui upaya penegakan hukum berbasis IT guna meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Saya minta, seluruh personel yang terlibat benar-benar serius melaksanakan operasi ini. Harus ada pembeda antara kegiatan rutin, rutin yang ditingkatkan atau operasi Kepolisihan. Hasil Operasi sebisa mungkin menunjukkan tren positif baik tingkat kesadaran maupun pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.” Ujar AKBP Jean Calvijn.

Sementara itu, Kabagops Polres Trenggalek Kompol Hariyanto, S.H., selaku Karendalops menuturkan, terdapay 7 prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran selama Operasi Zebra Semeru 2019 berlangsung antara lain penggunaan helm, safety belt, melebih batas kecepatan, pengemudi dalam pengaruh alkohol atau Miras, pengendara dibawah umur, menggunakan HP saat mengemudi dan kendaraan yang melawan arus lalu lintas.

“Operasi ini melibatkan 65 personel yang terdiri dari 4 Satgas, yakni Satgas preemtif dipimpin oleh Iptu I Wayan Sumkantra, S.H., Satgas Preventif dipimpin Ipda Bambang Yulianto, Satgas Gakkum dipegang langsung oleh Kasatlantas AKP Suprihanto, S.H. sebagai fungsi yang dikedepankan, dan Satgas Banops oleh Iptu Supadi.” Kata Kompol Hariyanto.

Dalam Latpraops itu sendiri, masing-masing pejabat Operasi dan Kasatgas memaparkan tentang rencana kegiatan dan cara bertindak yang akan dilakukan dalam mensukseskan operasi Zebra Semeru 2019 sekaligus sebagai media pengecekan kesiapan dan persiapan sebelum operasi resmi di gelar.

Sumber : Polres Trenggalek

Polrestabes Trenggalek

Related Post