Menjaga NKRI, Kenali Sejarah Bangsa

Click to view slideshow.

Wakil Bupati Jember Drs. KH Abdul Muqit Arif mengajak mahasiswa untuk memahami sejarah Bangsa Indonesia agar mampu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

“Ketika kita berusaha mewujudkan peran mahasiswa dalam menjaga NKRI, mengenal sejarah adalah sesuatu yang harus dipahami,” terang Wabup Kiai Muqit, Selasa 2 Oktobe 2018.

Wabup Kiai Muqit menjadi keynote speaker dalam pelantikan Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Jember di aula Pondok Pesantren Darus Sholah. Pelantikan pengurus masa hikmad 2018 – 2019 ini mengangkat tema “Peran Mahasiswa dalam Menjaga NKRI.”

Dalam sejarah Bangsa Indonesia, kata Wabup Kiai Muqit, tercatat peran besar paa pemuda. Mereka menjaga dan mengantarkan kelahiran Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karena itu, semua pihak terkejut ketika gerakan radikal telah masuk ke beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Hal ini merupakan peristiwa yang harus betul-betul mendapat perhatian serius dari semua pihak.

Sejarah Bangsa Indonesia juga menorehkan kerajaan-kerajaan besar, yang bahkan lebih besar dari Indonesia saat ini. Namun, semuanya bangkrut. Hingga pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00, diproklamasikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sebuah pertanyaan besar, akankah NKRI ini akan mengalami nasib seperti dengan Sriwijaya dan Majapahit. Ini tentunya harus dijawab dengan karya nyata oleh sahabat sekalian,” terang Wabup Kiai Muqit.

Situasi saat ini, lanjutnya, sudah ada benih-benih disintegrasi kehidupan berbangsa dan bernegara. Banyak peristiwa yang mengarah ke perpecahan. Tanda-tanda perpecahan ini harus dipahami untuk bisa menjaga NKRI.

Kepada pengurus PC PMII yang baru saja dilantik, Wabup Kiai Muqit berharap mampu memberikan konstribusi bagi kader dan bagi masyaralat secara luas.

“Konstribusi riil untuk merekatkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutur pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Silo ini. (izza/*f2)

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : Pemkab Jember