Melalui Ngobar, Kapolres Trenggalek Ajak Netizen Sebarkan Virus Bijak Bermedsos

Polres Trenggalek – Disela kesibukannya sebagai Kepala Kepolisian Resort Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. masih menyempatkan diri bersilaturahmi bersama Netizen kabupaten Trenggalek. Acara yang dikemas santai bertajuk Ngopi Bareng (Ngobar) ini digelar disebuah warung makan tak jauh dari Mapolres Trenggalek. sedikitnya puluhan netizen aktif mitra Polres Trenggalek hadir mengikuti acara ini. Minggu (13/01).

Tak bisa dipungkiri, diera mileneal ini, netizen memiliki peran penting dalam mengelola opini khususnya di dunia maya. Terlebih menjelang Pemilu maupun Pilkades yang diselenggarakan dalam waktu hampir bersamaan. Tak jarang, opini yang berkembang di media sosial dapat berakibat benturan antar individu maupun kelompok di dunia nyata.

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Memahami pengaruh besar media sosial tersebut, perlu dilakukan upaya-upaya kongkrit agar tidak berubah menjadi gangguan nyata yang berujung pada penindakan hukum. Oleh sebab itu, orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini menggandeng kalangan netizen untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas kondusif khususnya menjelang Pilkades maupun Pilkada sehingga tercipta suasana aman, sejuk dan damai.

“Seperti kita ketahui bersama di media sosial sangat mudah ditemukan konten-konten negatif yang berisi hoax maupun ujaran kebencian. Keberadaan netizen ini sangat penting untuk membantu tugas-tugas Kepolisian meminimalisir sekaligus sebagai cooler system ” Jelas AKBP Didit

Disamping itu, Pihaknya juga mendorong para netizen aktif di kabupaten Trenggalek untuk turut ambil bagian dalam edukasi kepada pengguna medsos lainnya agar lebih bijak dan tidak menelan mentah-mentah tiap informasi yang diterima.

“Netizen ini memiliki networking yang cukup luas. Jadi sangat efektif untuk mengedukasi sesama netizen agar tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum jelas kebenarannya.” Imbuhnya

Masih kata AKBP Didit, edukasi tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti membuat meme, video maupun tulisan yang bersifat himbauan atau ajakan bijak bermedia sosial yang mengarah pada hal-hal yang lebih positif.

Pihaknya berharap agar pada netizen di Trenggalek selalu menjaga kekompakan dan kesolidan. Jika menemukan konten negatif maupun bersifat provokatif, pihaknya meminta agar netizen tak segan-segan melaporkan kepada jajarannya agar bisa cepat diambil langkah pencegahan dan tidak berkembang menjadi konflik yang lebih besar.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Didit mengapresiasi para netizen yang telah banyak membantu Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek dalam kaitannya menjaga Kamtibmas kondusif di dunia maya.

“Secara pribadi dan pimpinan saya ucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan teman-teman netizen Trenggalek yang tetap konsisten membangun suasana sejuk dan damai serta tak pernah lelah mengedukasi masyarakat untuk selalu bijak bermedia sosial” Pungkasnya

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : Polres Trenggalek