JatimTerkini.com
Kediri Raya

Mari Tertib Berlalu Lintas, Ajakan Petugas Patroli Saat Pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2020

Polres Trenggalek – Selama 14 hari Polri menggelar operasi dalam sandi patuh semeru 2020 dan sudah dimulai satu minggu tepatnya tanggal 23 juli yang lalu hingga berakhir pada 5 Agustus kedepan dalam menciptakan keamanan, kelancaran lalu lintas dan penegakan hukum undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu -lintas dan angkutan jalan dengan tujuan terciptanya keamanan dan kelancaran lalu-lintas di jalan. Hal itu disampaikan Aiptu Joko Nurhadi saat pertemuan dengan warga di rumah ketua MUI Kecamatan Pule, Isrijan. Sabtu ( 1/8 ).

Aiptu Joko Nurhadi personel Polsek Pule Polres Trenggalek dari hasil mencermati tujuan Ops Patuh Semeru 2020 mengatakan, dengan mengedepankan fungsi lalu lintas. Penekanan peran aktif masing-masing personel Satuan Tugas (Satgas) untuk menindak pelanggaran khususnya yang berpotensi penyebab kecelakaan. Perlunya penambahan target operasi sesuai karakteristik wilayah salah satunya kendaraan muatan berlebihan (Overloading).

” Sehingga sasaran yang akan dicapai di antaranya turunnya angka kecelakaan, dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas dapat terwujud,” ucapnya kepada warga pule.

Aiptu Joko Nurhadi mengatakan sasaran dalam operasi patuh semeru dititikberatkan pada delapan jenis pelanggaran yang menjadi atensi atau prioritas, adanya pelanggaran berlalu-lintas diantaranya :

1. Pengendara motor tidak gunakan helm
2. Pengemudi mobil tidak gunakan Safety Belt
3. Pengemudi melebihi batas kecepatan atau mengebut
4. Pengendara melawan arus
5. Berkendara dalam kondisi mabuk
6. Pengendara anak di bawah umur
7. Penggunaan HP saat berkendara
8. Penggunaan lampu rotator serta strobe tidak sesuai ketentuan.

Pelanggaran tersebut menjadi atensi dalam bidang Keselamatan Nasional, karena berpotensi menyebabkan Kecelakaan Lalu Lintas. Korban tertinggi masih didominasi oleh Karyawan dan Pelajar, jangan lupa cek semua kelengkapan berkendara, saat berada di jala raya menggunakan kendaraan bermotor.

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

Kapolsek Panggul Salurkan Bansos Untuk Kampung Tangguh

Adhis

Jaga Keamanan Pelabuhan, Polsek Watulimo Bersinergi dengan Satpam

Adhis

Polsek Tugu Berikan Rasa Aman dan Nyaman di Pertokoan

Adhis