Makna Hari Pahlawan bagi AKBP Jean Calvijn Simanjuntak

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. bersama  jajaran Forkopimda mengikuti Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Jarakan Trenggalek dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2019.

Betindak selaku Inspektur Upacara adalah Dandim 0806 Trenggalek Letkol Inf Dodik Novianto, S.Sos. Perwira Upacara dipercayakan kepada Kapten Inf Muyanto, sedangkan Komandan Upacara di jabat oleh Letda Inf Sutopo.

Hadir Pula Sekda Kabupaten Trenggalek Ir. Joko Irianto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek Doding Rahmadi ST, Kepala OPD, Pejabat utama Kodim dan Polres Trenggalek, Purnawirawan TNI-Polri, veteran serta pengurus Bhayangkari dan Persit Kartika Chandra Kirana Trenggalek.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, mengheningkan cipta, dilanjutkan peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara dan ditutup dengan tabur bunga yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Saat dikonfirmasi, AKBP Jean Calvijn mengatakan, Upacara Ziarah Nasional merupakan rangkaian dalam peringatan hari Pahlawan sebagai bentuk penghormatan atas pengorbanan para kusuma bangsa yang telah berjuang merebut kemeredekaan Republik Indonesia.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menajdi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakt, membawa harum nama bangsa di mata Internasional.” Ujar AKBP Jean Calvijn

Sebagai generasi saat ini, masih kata AKBP Jean Calvijn, tinggal meneruskan apa yang menjadi cita-cita luhur Pahlawan salah satunya yakni bangsa yang berdaulat, adil dan makmur.

“Mari kita maknai hari pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju.  Jadilah pahlawan masa kini yang membanggakan negeri.” Pungkasnya

Sumber : Polres Trenggalek

Polrestabes Trenggalek

Related Post