Launching Toko Tani Tulungagung Center (T3C) dan Gelar Pangan Murah

Dalam rangka mengatasi gejolak harga pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung dengan salah satu inovasinya yaitu dengan mengembangkan Toko Tani Tulungagung Center (T3C) yang pada hari ini Jum’at (7/12) dilaunching yang bertempat di halaman Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Jl. Raya Wonorejo Kec. Sumbergempol. T3C ini diharapkan mampu memangkas rantai distribusi komoditas pangan yang dipasarkan langsung melalui Gelar Pangan T3C ke konsumen sehingga harga dapat dikendalikan lebih rendah daripada harga pasar. Gelar pangan murah ini akan dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu jam 06.00 – 14.00 WIB di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Jl. Raya Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Tulungagung. Adapun produk yang dipasarkan yaitu aneka beras, jagung, kedelai, aneka cabai, bawang merah dan bawang putih, aneka sayuran yang diproduksi langsung dari petani, serta komoditas pangan lainnya seperti terigu, gula pasir, minyak goreng, telur, ikan segar, dan daging, dan dilengkapi dengan penjualan kuliner makanan, minuman dan jajanan khas Tulungagung.

Launching T3C dilaksanakan dalam rangka untuk menginformasikan program Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung sekaligus sebagai ajang sosialisasi Toko Tani Tulungagung Center (T3C) agar dapat dikenal secara luas oleh masyarakat Tulungagung bahwa Pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan hadir dan siap memberikan pelayanan kepada masyarakat agar menjual produk pangan yang murah dan berkualitas, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Tulungagung Ir. Sigit Setyawan, MM. Peserta gelar pangan murah untuk penyaluran pangan kepada masyarakat secara langsung adalah :

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

1. Gapoktan, kelompok tani yang selanjutnya disebut lembaga usaha pangan masyarakat (LUPM) yang bergerak di bidang pangan;

2. Toko Tani Indonesia yang selanjutnya di sebut toko/warung/kios milik pedagang komoditas pangan;

3. Distributor, agen atau koperasi pemasok pangan ke T3C

4. Mitra T3C yaitu seluruh pihak yang bekerja sama dengan T3C dan produsen makanan, minuman dan jajanan khas Tulungagung sebagai stand pendukung;

5. Dan keseluruhan pedagang menempati fi 15 stand penjualan ukuran 3×3 m dilengkapi dengan meja dan kursi penjualan.

Acara dihadiri oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM yang sekaligus membuka dan meresmikan Toko Tani Tulungagung Center (T3C). Dan dalam sambutannya menyambut gembira dengan adanya Toko Tani Tulungagung Center (T3C) yang diharapkan mampu memangkas rantai distribusi komoditas pangan yang dipasarkan langsung melalui T3C ke konsumen dari semula 7 s/d 8 pelaku menjadi 3/4 pelaku, sehingga harga dapat dikendalikan lebih murah dari harga pasar pada umumnya dan dapat menekan inflasi yang bersumber dari produk pangan. Konsumsi pangan berkualitas dapat diwujudkan apabila konsumsi makanan sehari-hari dilakukan secara tepat, mengandung zat gizi lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh, dan dengan jumlah yang berimbang. Dengan konsumsi pangan yang berkualitas diharapkan dapat mengatasi permasalahan gizi ganda yaitu kekurangan dan kelebihan gizi. Salah satu upaya untuk mensosialisasikan konsumsi pangan yang B2SA ( Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman), sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2009, tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal, Pemanfaatan Lahan Pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi yang potensinya cukup besar perlu terus digalakkan dan dioptimalkan. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat (B2SA) akan sangat mungkin mendukung pola asupan sehat yang berujung pada kualitas kehidupan yang lebih baik. Motto ” MAKAN – SEHAT-PINTAR” suatu rangkaian yang saling mendukung dan berurutan merupakan kata kunci agar menjadikan kita hidup sehat, aktif dan produktif.

Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM juga mengharapkan kepada para Camat dan seluruh kepala OPD Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan pangan agar senantiasa melakukan upaya-upaya maksimal untuk tetap dapat menjamin kemantapan ketahanan pangan, khususnya di Kabupaten Tulungagung baik yang berkaitan dengan produksi, ketersediaan, distribusi, dan keamanan pangan. Terutama dalam menyikapi perkembangan terkini ditingkat lokal, nasional maupun global.

Pada acara ini juga dilaksanakan gerak jalan sehat yang menempuh jarak kurang lebih 3 km, dan gerak jalan ini diberangkatkan oleh Plt. Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Ir. Indra Fauzi, MM serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Ir. Sigit Setyawan, MM. Dan selanjutnya meninjau stand penjualan.

Acara juga dihadiri :

1. Plt. Bupati Tulungagung;

2. Sekretaris Daerah

3. Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung

4. PKK Kabupaten Tulungagung

5. Camat Sumbergempol

6. Kapolsek Sumbergempol

7. Danramil Sumbergempol

8. Kades Wonorejo Kecamatan Sumbergempol

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : Pemkab Tulungagung