LAKSANAKAN TUPOKSI, KPU JATIM HADIR DALAM BIMTEK SILON

 

Jakarta, kpujatim.go.id- Dalam rangka menjalankan tugas, pokok dan fungsinya sebagai koordinator di wilayahnya, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) kali ini hadir mendampingi KPU Kabupaten/ Kota penyelenggara pemilihan serentak 2020 untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Gelombang II Penggunaan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) pada Pemilihan Serentak 2020. Bimtek dilaksnakan selama dua hari, Kamis sampai dengan Jum’at, tanggal 21-22 November 2019 bertempat di Gedung LPPI Jakarta.

Berkesempatan hadir mewakili KPU Jatim yakni, Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Jatim, Eddy Prayitno serta operator SILON (Sistem Pencalonan), Ajeng Eka Farida.

Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Jatim, Eddy Prayitno menuturkan bila sebagaimana yang disampaikan Ibu Kepala Biro Tekmas KPU RI, Nur Syarifah, Bimtek ini bertujuan untuk menyamakan kualitas dalam hal melakukan advokasi pendampingan pada peserta pemilihan 2020 nanti.

“Provinsi Jawa Timur hadir dalam bimtek ini meskipun tidak sedang melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, karena di wilayahnya ada 19 KPU Kabupaten/ Kota yang akan menyelenggara pemilihan pada 2020. KPU Provinsi sebagai kepanjangan tangan dari KPU RI memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan supervisi dan monitoring kepada Kabupaten/ Kota. Sehingga seluruh tahapan dapat dipantau oleh KPU RI,” jelasnya (21/11/2019).

Pada bimtek ini menurut Eddy, KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota diingatkan pula oleh Wakil Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU RI, Viryan agar tidak meremehkan dan tetap bersungguh-sungguh dalam mengerjakan SILON, serta tidak terlena dengan keberhasilan pemilu 2019.

“Sehingga tahapan Kita yang menggunakan SILON tidak menjadi sengketa dalam pencalonan. Kita harus bisa memastikan ini berjalan dengan baik. Kedepan SILON KPU ini akan dikembangkan terintegrasi dengan SITUNG, SIDALIH, dan e-REKAP,” pungkas Eddy.

Selain Jawa Timur hadir sebagai peserta bimtek yaitu dari Jateng, Jabar, DIY, Kalsel, Kalbar, Kalteng, Kaltim, Kaltara dan NTB.

(AEF/AACS)

Sumber : KPU Jatim

KPU Jatim pemilu Pilgub Jatim Politik

Related Post