KPU Sidoarjo Himbau Para Caleg Untuk Segera Daftarkan Akun Medsosnya

(SIDOARJOterkini) – Calon Legeslatif (Caleg) di Sidoarjo hendaknya segera mendaftarkan akun media sosialnya yang akan digunakan sebagai alat kampanye. Dengan mendaftarkan akun Medsos tersebut diharapkan bisa mengurangi informasi hoaks dan black campaign (kampanye hitam). Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo Zainal Abidin.

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Disampaikannya, ketentuan pendaftaran akun media sosial milik caleg ini merupakan ketentuan baru yang diterapkan KPU. Sebagaimana PKPU Nomor 23 tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu 2019.

“Jadi, semua caleg diharuskan menyetorkan atau mendaftarkan akun medsos seperti Facebook, Twitter, dan Instagram yang akan dijadikan alat kampanye,” ujar Zainal Abidin, Selasa, 17 Oktober 2018.

Akun media sosial ini, lanjutnya, merupakan salah satu alat kampanye yang banyak digunakan para caleg untuk memperkenalkan visi misinya terkait pencalonannya di legislatif. Namun, pada perkembangannya, Informasi tekhnologi kerap disalahgunakan pihak-pihak tertentu untuk membuat gaduh.

“Media sosial kan penyebarannya sangat cepat sekali dan tidak terkontrol. Mungkin dengan begitu (didaftarkan), kita bisa melakukan pengawasan,” jelasnya.

Sejatinya, pendaftaran untuk akun media sosial sudah dibuka sejak proses kampanye dimulai. Namun hingga saat ini tidak seluruhnya caleg mendaftarkan akun medsosnya ke KPU. Sehingga pihaknya menekankan agar para caleg bisa segera mendaftarkan akun miliknya yang akan dijadikan sebagai alat kampanye.

“Untuk jumlah pastinya yang sudah mendaftar saya lupa. Nantinya, akun-akun medsos yang sudah didaftarkan akan diserahkan kepada Bawaslu. Sehingga penyalahgunaan media sosial (hoax, sara dan lain-lain) sebagai alat kampanye tidak terjadi dikemudian hari,” tandasnya.(cles)

 

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com