Komitmen Polri Kawal Pentahapan Hasil Pemilu

82 views

Polres Trenggalek – ” Kami dari Polri dan TNI sebagai pengaman adanya penyelenggara pemilu supaya aman dan menjamin adanya keamanan dari hak pilih untuk melakukan hak pilihnya dengan jujur dan adil,” ucapan Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, S.H., M.H., saat memberikan sambutan dalam kegiatan rapat pleno penghitungan suara pemilu 2019 ditinggat PPS, yang dilaksanakan di pendopo kecamatan pule pada Jum’at ( 19/04 ).

Polri tidak mentolelir dan akan menindak tegas semua upaya yang menggangu ketertiban masyarakat serta aksi – aksi instusional yang merusak proses demokrasi. Pihaknya akan mengawal jalanya proses pentahapan pemilu dari rekapitulasi ditingat PPS dan selanjutnya diteruskan pada tingkat PPK sebelum dikirim ketingkat lebih tinggi diatasnya, hal tersebut disampaikan dalam sambutan yang mewakili unsur Muspika tidak bisa hadir disebabkanya adanya kegiatan pelantikan Kades di pendopo Kabupaten Trenggalek.

 

Seperti pada pelaksanaan pungut suara kemarin, menurut yang disampaikan Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji. Penempatan personel keamanan pada TPS, ada yang kategori aman, rawan satu dan rawan dua. Dengan pelaksanaan yang relatif aman untuk wilayah dan hasilnya akan direkapitulasi pada hari ini yang dijadwalkan akan selesai pada tengah malamnya.

 

Untuk TPS yang dikategorikan aman, kekuatan pengamanan dilakukan sesuai standar yang berlaku. Sementara, di TPS yang dikategorikan rawan dua, dilakukan penebalan personel keamanan.

 

Kategori ini di TPS yang proporsi dukungan A dan B, termasuk caleg relatif sama. Kami akan otomatis memperkuat atau mempertebal kekuatan, baik dari Linmas, Polri, maupun TNI.

 

Adapun, di TPS yang dikategorikan sebagai rawan satu, penebalan personel keamanan akan ditambah lagi. Jadi, penebalan dilakukan dua kali lipat dibandingkan standard pengamanan rawan dua.

 

Kategori TPS yang sangat rawan ini misalnya basis dukungan A dan B sama, juga di sana ada sejarah konflik atau juga munculnya isu-isu sensitif di sana. Entah itu terkait Pemilu maupun yang tidak ada hubungannya. Kita telah pertebal lagi kekuatan.

 

Selain di TPS, TNI-Polri juga memberikan perhatian di tempat-tempat yang berpotensi jadi tempat berkumpulnya massa yang bertujuan memberikan tekanan psikologis dan intimidasi bagi masyarakat.

Sumber : Polres Trenggalek

Polres Trenggalek Trenggalek

Posting Terkait