KETUA KPU JATIM BEBERKAN LANGKAH KPU JATIM SIKAPI BERITA HOAX

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Maraknya berita hoax yang ditujukan kepada KPU pada tahapan pemilu 2019 memberikan tantangan dan rintangan tersendiri bagi KPU. Sikapi hal ini, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito beberkan beberapa langkah KPU Jatim.

Saat ini, menurut Ketua KPU Jatim, KPU terus memasuki tahapan krusial. “Namun, ternyata dalam perjalanan ini begitu besar tantangannya, baik tantangan fisik maupun mental. Karena selain tahapan berjalan, juga ada banyak berita hoax yang ditujukan kepada KPU,” tutur Eko (14/1/2019).

Eko melanjutkan, “Pada umumnya berita hoax ini tidak disertai dasar data yang jelas, syarat akan kepentingan politik dan bukan kepentingan publik, serta masif dilakukan. Yang bertujuan untuk mendelegitimasi kualitas penyelenggara”.

Tentunya sebagaimana disampaikan Eko, KPU utamanya KPU Jatim perlu memberikan respon terhadap maraknya berita hoax ini. Agar kemudian masyarakat tidak menganggap berita hoax ini sebagai suatu kebenaran.

“Beberapa langkah KPU Jatim sebagai bentuk respon terhadap maraknya berita hoax, yakni dengan melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih sampai ke level grassrood, memasifkan sosialisasi serta penyampaian informasi tahapan pemilu melalui website dan media sosial yang dimiliki KPU Jatim, bekerja sama dengan stakeholder untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat, bekerja sama dengan media terkait penyampaian informasi,” papar Ketua KPU Jatim.

Menutup wawancara ini, Ketua KPU Jatim berharap hal yang sama juga dilakukan oleh KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur.

(AACS)

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : KPU Jatim