Kapolsek Kampak Hadiri Upacara Hari Santri Nasional

Polres Trenggalek – Peringatan Hari Santri Nasional 2019 tanggal 22 oktober 2019 di wilayah Kampak berlangsung meriah sekaligus khidmad. Hari Santri yang dipusatkan lapangan Kampak tersebut diperingati dalam bentuk upacara resmi yang diikuti oleh ratusan santri dari berbagai Pondok pesantren, Banser, IPPNU IPNU, PS Pagar Nusa, dan berbagai sekolah madrasah. Senin (22/10).

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Camat Kampak Drs.Hariyadi, dan semua pejabat upacara dari perwakilan santri dan organisasi NU.

Turut hadir dalam upacara yang mengambil tema Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia tersebut Kapten Inf Hadi, KS, Danramil Kampak beserta isteri, Iptu Anwar, SH, Kapolsek Kampak beserta isteri, KH. Sahar Banuri Bastomi, Ketua MUI sekaligus pengasuh ponpes Nailul Ulum, Zainal Fanani, ST,MMT (Anggota DPRD Kab. Trenggalek), H. Tulus, Spd, Ketua MWC NU Kec Kampak, Faris, Sag (Kepala KUA Kec. Kampak) Imam Syafii, Ketua Anshor Kec Kampak, Badriyah Ilyas, Ketua Fatayat Kec Kampak, H. Fatimatus Zahro,Ketua Muslimat Kec Kampak, Kades se Kec Kampak, Pagar Nusa Kec Kampak, Banser Kec Kampak, Madin se Kec Kampak, Siswa sekolah, Seluruh peserta sekitar 1.200 orang. .

Dalam amanat Menteri Agama yang dibacakan oleh Bupati menekankan tentang peran santri dalam merebut dan menjaga kemerdekaan RI. Dalam peringatan Hari Santri tentunya tidak lepas dari tercetusnya `Resolusi Jihad` yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada 22 Oktober 1945 yang melahirkan peristiwa heroik 10 November yang sampai sekarang diperingati sebagai hari Pahlawan.

“Resolusi Jihad Sebagai Bukti, Santri Turut Andil dalam Menjaga Kemerdekaan RI” Ucap Drs.Hariyadi.

Lanjutnya, Islam tidak di ajarkan bungkusnya namun di ajarkan isinya, bentuk negara apapun yang penting syariat islam di tegak kan maka negara akan kuat, santri harus hormat kepada kyai, harus siap berbaris di depan, santri unggul indonesia makmur, tutup Hariyadi dalam amanatnya.

Dihubungi terpisah Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn melalui Kapolsek Kampak Iptu Anwar mengatakan, Peran santri khususnya di Kabupaten Trenggalek bisa dibilang cukup tinggi. Keberadaan para tokoh agama, ulama dan pimpinan Pondok pesantren khususnya dalam perannya mencegah radikalisme di Trenggalek sangat terasa, pungkasnya.

Sumber : Polres Trenggalek

Polrestabes Trenggalek

Related Post