JatimTerkini.com
Banyuwangi Headline JT

Kapolri : Peserta PON Diminta Karantina Saat Pulang ke Daerah

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memantau vaksinasi bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di RSnu Mangir, Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (14/10).
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memantau vaksinasi bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di RSnu Mangir, Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (14/10).

Banyuwangi, (jatimterkini.com) – Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta para peserta Pekan Olah Raga Nasional (PON) di Papua, mengikuti karantina saat pulang ke daerah masing-masing. Tujuannya, menghindari kemungkinan penulara Covid usai mengikuti pertandingan.

Setiap daerah diharapkan menyiapkan fasilitas isolasi bagi para peserta PON. Tak hanya atlet, seluruh official juga diwajinkan menjalani isolasi. “ Saya titip kepada setiap Pemda menyiapkan lokasi karantina bagi peserta PON, termasuk official ketika pulang ke daerah,” kata Kapolri disela memantau serbuan vaksinasi di RSNU Mangir, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Kamis (14/10) sore.

Selain menghindari penularan, karantina bisa mencegah munculnya kluster baru. Selain karantina, peserta PON juga melaksanakan tes PCR lagi. Hal ini sesuai dengan standar protokol kesehatan (prokes). Menurut Kapolri, sejumlah even internasional akan digelar di Indonesia. Termasuk, dibukanya turis mencana negara ke Bali. “ Banyuwangi dekat dengan Bali, kita pun minta akan segera mempersiapkan segala sesuatu. Turis asing akan masuk, sehingga kita membutuhkan proteksi yang ketat untuk protokol kesehatan,” pungkasnya.

Kabupaten Banyuwangi menyiapkan gedung Diklat PNS sebagai tempat karantina peserta PON. Kebetulan, gedung ini sedang kosong. Sebelumnya juga dipakai lokasi isolasi terpusat. “ Fasilitas sudah kita siapkan untuk karantina,” tegas Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. Pihaknya juga mempercepat cakupan vaksinasi sebagai daerah peyangga Bali. (Budi Wiriyanto)

Related posts

Naikkan Investasi, Bupati Sidoarjo Agendakan Coffe Morning Dengan Pengusaha

Abdul

Sejumlah Pejabat Utama Polres Trenggalek Dirotasi

Adhis

Perbaikan Jalan Belum Dilakukan, Warga Sidoarjo Gelar Teatrikal Laka Lantas Tagih Janji Bupati

Abdul