Kapolres Trenggalek Ungkap Peran Peran Santri Millenial Cegah Radikalisme

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. turut hadir menyemarak peringatan Hari Santri Nasional 2019 yang dipusatkan di alun-alun Trenggalek. Senin (22/10)

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres yang hadir bersama jajaran Forkopimda ini mengucapkan selamat kepada seluruh santri di Indonesia khususnya Kabupaten Trenggalek.

“Mewakili seluruh anggota Polres Trenggalek dan staf, kami ucapkan selamat hari Santri Nasional 2019. Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia” Ucap AKBP jean Calvijn.

Lebih lanjut AKBP Jean Calvijn mengungkapkan, kemerdekaan Indonesia tak bisa dilepaskan begitu saja dari peran santri melalui `Resolusi Jihad` yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada 22 Oktober 1945 yang melahirkan peristiwa heroik 10 November yang sampai sekarang diperingati sebagai hari Pahlawan.

“Di masa sekarang, tuntutan dan tantangan santri mungkin berbeda tetapi dengan jalur dakwah yang sama. Hari ini tantangannya adalah perkembangan tekonologi yang demikian pesat maka yang sangat dibutuhkan adalah santri dan da`i millenial.” Ujar AKBP Jean Calvijn

Masih kata AKBP Jean Calvijn, Maraknya konten radikalisme didunia maya merupakan salah satu point penting dan menjadi tugas utama dari santri millenial. Menurutnya, Media sosial saat ini telah menjadi sarana utama para penganut paham radikalasme  untuk menyebarluaskan ajaranya.

“Nah, disini dibutuhkan peran santri dan da`i mellenial yang bisa masuk dan paham teknologi informasi untuk membatu berdakwah atau memberikan penjelasan tentang konsep beragama yang baik dan mencegah tumbuhnya radikalisme.” Imbuhnya

Di Kabupaten Trenggalek, masih AKBP Jean Calvijn, Peran santri bisa dibilang cukup tinggi. Keberadaan para tokoh agama, ulama dan pimpinan Pondok pesantren khususnya cukup terasa dalam menjaga Kamtibmas di Trenggalek.

Pihaknya sering kali berkolaborasi dan bekerjasama dalam menjaga dan menciptakan Kamtibmas yang kondusif. Sinergi dan silaturahmi ini diharapkan tetap terjalin dengan baik untuk bersama-sama menjaga Trenggalek Aman, Jogo Jawa Timur untuk Indonesia Maju.

Trenggalek

Related Post