Kapolres Trenggalek: Polwan Kartini Masa Kini

112 views

Polres Trenggalek – Ada yang spesial saat Upacara dalam rangka kesadaran nasional yang digelar di halaman Mapolres Trenggalek pagi ini. Seluruh perangkat upacara adalah polisi wanita atau Polwan. Mulai dari perwira upacara hingga pengibar bendera semua di jabat oleh Polwan. Selasa (23/04)

Usut punya usut, upacara kali ini sekaligus memperingati hari Kartini yang jatuh teppat pada tanggal 21 April 2019 yang lalu. Untuk merefleksikan kembali semangat kamu wanita yang di gelorakan oleh Raden Ajeng Kartini, maka seluruh perangkat upacara ditunjuk dan diperankan oleh wanita.

Bertindak selaku perwira upacara adalah Kompol Siti Munawaroh, S.H., Komandan Upacara Iptu Radyati Putri Pradini, S.I.K, pengibar bendera dipercayakan kepada Bripda Dyah Ayu, Bripda Novi Nureini dan Bripda Faski Andini. Semantara pembaca naskah UUD 1945 adalah Bripda Mayla Florencia Apberinda, pengucap Tribrata Bripda Siti Hanifah dan pembaca Panca Prasetya Korpri oleh Pengda Enny Kusumawati.

Dalam amanatnya selaku inspektur upacara, Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. mengucapkan selamat Hari Kartini kepada seluruh Polwan dan wanita Indonesia. R.A. Kartini yang pernah menulis buku `Habis Gelap Terbitlah Terang` merupakan tonggak emansipasi dan persamaan gender bagi wanita Indonesia.

Demikian pula dengan Polwan Indonesia yang terbukti nyata telah memberikan sumbangsih yang cukup besar bagi kemajuan Polri. Peran Polwan tidak bisa dianggap sebelah mata. Tugas sebagai anggota Kepolisian yang penuh risiko tinggi dilakoni tanpa meninggalkan kodratnya sebagai wanita.

“Dalam pengamanan Pemilu 2019 hampir semua Polwan kita libatkan. Bahkan sampai ke tingkat TPS. Ini membuktikan bahwa Polwan mampu melaksanakan tugas sebagaimana Polki (polisi laki-laki)” Ujar AKBP Didit

AKBP Didit menuturkan, didalam organisasi Kepolisian RI, Polwan memiliki peran sangat strategis dalam segala bidang. Jangan dibayangkan Polwan hanya bertugas pada fungsi pelayanan atau administrasi belaka, Paradigma baru Polri memberikan peluang seluas-luasnya kepada Polwan untuk berkarya dan berkarier. Bahkan saat ini, tak sedikit Polwan yang menjabat sebagai Kapolsek maupun Kapolres yang sebelumnya lebih banyak di jabat oleh Polki (Polisi laki-laki)

“Teruslah berkarya dan tunjukkan prestasi. Kalian adalah kartini masa kini yang sesungguhnya” Tegas AKBP Didit

Sementara itu, Kanitregiden Satlantas Iptu Radyati Putri Pradini, S.I.K. yang didapuk sebagai komandan upacara mengatakan, sebagai salah satu Polwan Polres Trenggalek dirinya sangat bangga bahwa keberadaan dan hasil kerja Polwan di Trenggalek cukup diakui. Integritas dan dedikasi dalam melaksanakan tugas dilapangan juga menunjukkan hasil yang positif sebagaimana Polki.

“Tidak ada pembeda. Semua diperlakukan sama. Tugas Polwan juga tidak hanya dibelakang meja, menyelesaikan administrasi ataupun tugas pelayanan. Tapi lebih dari itu Polwan juga mampu bertugas di bidang operasional.” Kata Perwira pertama yang kerap di panggil Putri ini.

“Selamat hari Kartini untuk wanita hebat Indonesia” Pungkasnya seraya tersenyum penuh semangat.

Polres Trenggalek Trenggalek

Posting Terkait