Jelang Natal dan Tahun Baru 2019, Polsek Jambangan Gelar Rapat Koordinasi

Polrestabes Surabaya (07/12/2018) : Jelang perayaan Natal 2018 dan tahun baru 2019 yang menitikberatkan pada kelancaran arus lalu lintas serta keamanan, Polsek Jambangan menggelar rapat koordinasi antar instansi pendukung kelancaran selama Operasi Lilin nantinya, Jumat, (07/12/2018).

Mengambil tempat di ruang Bhayangkari Polsek Jambangan, rapat koordinasi tersebut dipimpin Kapolsek Jambangan Kompol Khoirul Anam ST, dan dihadiri oleh Camat Jambangan Anna Fajriatin; Danramil Gayungan Kapten Sucipto.

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Selain itu hadir pula Ketua MUI Jambangan M. Nasir; Lurah se-Kecamatan Jambangan; Sat Pol PP Jambangan; perwakilan pengurus gereja wilayah Jambangan; Mitra Jambangan Comunication; FKPM Pagesangan dan Kebonsari; serta Toga dan Tomas Jambangan.

Dalam kesempatan tersebut, Khoirul Anam ST menyampaikan penjelasan bahwa dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2019, pihak Kepolisian akan melaksanakan operasi yakni Operasi Lilin 2018, dan pihak Polsek Jambangan akan membuat pos pengamanan Natal.

untuk Pos Pam akan ditempatkan di depan gereja Sakramen Maha Kudus Surabaya, di mulai pada tanggal 20 Desember 2018. Dalam Pos Pam tersebut, akan dibagi menjadi tiga regu piket yang terdiri dari anggota Polri, Koramil, Staff Kelurahan, Sat Pol PP, dan Pam Swakarsa.

Untuk Pam Tahun Baru dari Polsek Jambangan akan mendirikan dua pos pantau, yang pertama di masjid Al-Akbar Surabaya dan di Jl. Rolak Karah Surabaya. Terkait hal tersebut diharapkan dukungan instansi terkait dan Pam Swakarsa untuk bergabung dalam pelaksanaan pengamanan.

Saat pelaksanaan Pam Tahun Baru untuk Pos Pam Natal masih tetap berjalan dengan gabungan pengamanan dari Polsek Jambangan, Koramil Gayungan, Kecamatan Jambangan dan Pam Swakarsa. Karena di beberapa gereja di Jambangan masih ada yang menyelenggarakan sampai Tahun Baru.

Khoirul Anam mengajak seluruh undangan yang hadir sekiranya dapat bekerja sama menyukseskan pelaksanaan pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2018.

Sementara itu, Danramil Gayungan Kapten Sucipto menyampaikan, masing-masing memiliki filosofi sapu lidi. Dimana semua elemen harus bersatu padu dalam pengamanan, baik dari TNI-POLRI, Gabungan dari instansi, dan elemen masyarakat demi keamanan bersama.

Masing-masing individu harus peka terhadap situasi dan kondisi di sekitarnya saat melaksanakan pengamanan dan melaporkan secara hirarki guna memudahkan cara bertindak atau penanganan lebih lanjut. Natal merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya umat Kristiani, karena semua merupakan saudara sebangsa dan setanah air.

Di sisi lain, ketua MUI Jambangan H. Nasir menuturkan, untuk rumah ibadah umat Nasrani (bukan gereja, red) yang ada di wilayah Jambangan agar dipantau dan didata kembali untuk mengantisipasi kerawanan-kerawanan, baik dari pos cipta kondisi maupun warga sekitar rumah ibadah.

Terkait teroris maupun kelompok garis keras, dari MUI Jambangan menyatakan bahwa mereka sudah menyimpang dari ajaran Islam yang rahmatan lilalamin. Menutup kegiatan, Khoirul Anam ST mengucapkan terima kasih atas  peran aktif dari seluruh instansi yang hadir dalam rapat koordinasi pengamanan Natal 2018 dan tahun baru 2019.

Rapat ini bertujuan untuk persamaan persepsi terkait pelaksanaan pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2019.***rh

Laporan : Kasi Humas Polsek Jambangan.

Editor : Saiful.

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : Polrestabes Surabaya