Jamaah Haji Kabupaten Kediri Kembali ke Kampung Halaman

36 views

haji 1

Jamaah haji Indonesia asal Kabupaten Kediri telah kembali berkumpul bersama keluarga. Kamis (29/8), jamaah dari 3 kloter yaitu 36, 37 dan 38 datang memasuki halaman kantor Pemkab Kediri secara bertahap.

Didahului oleh kloter 36 datang tepat pukul 21.30 WIB sebanyak 6 bus. Seperti tahun lalu, tas koper para jamaah haji datang terlebih dahulu dan diturunkan oleh para petugas dari Bagian Umum Pemkab Kediri dan dijaga oleh gabungan dari Satpol PP, Kepolisian dan TNI.

Di depan kantor Pemkab para penjemput jamaah sudah antri sejak sore. Nampak kendaraan berjajar di pinggir jalan, diatur oleh petugas Dinas Perhubungan. Usai jamaah tiba, para penjemput mulai memasuki halaman belakang kantor Pemkab yang digunakan sebagai lokasi penjemputan dan pengambilan koper.

haji 2

Plh. Kepala Kemenag Kab. Kediri, Drs. H. Enim Hartono, M.Pd.I, ditemui diblokasi mengatakan, jamaah haji Kabupaten Kediri yang berangkat 1.152 orang dan terbagi dalam 3 kloter. Kloter 36 ada 262 jamaah, kloter 37 sejumlah 445 jamaah dan kloter 38 ada sebanyak 445 jamaah.

Dari jumlah tersebut, 6 orang pulang lebih dulu (tanazul) dan 4 orang meninggal di tanah suci karena sakit. Tanazul memang dibolehkan karena alasan sakit ataupun ada keperluan seizin dari pemerintah.

Jamaah haji kloter 36 tiba di Pemkab Kediri pukul 21:30 WIB, disusul kloter 37 pukul 23:15 WIB dan terakhir kloter 38 pukul 01:05 WIB (30/8).

Plh. Kepala Kemenag Kab. Kediri mengatakan, tiap tahun semakin baik Peran Pemkab Kediri pun sangat besar, yakni memberikan fasilitas dan dukungan kepada seluruh jamaah haji, mulai pemberangkatan hingga kembali ke kampung halaman.

haji 3

Penjemputan jamaah haji Kabupaten Kediri sudah tertata dengan baik tertib dan lancar. Bisa kita lihat koper sudah datang lebih awal, jadi ketika jamaah haji datang, bisa langsung mengambil kopernya masing-masing, sehingga tidak terjadi penumpukan disini,” kata Enim Hartono.

Dari tahun ke tahun, penyelenggaraan ibadah haji mulai pemberangkatan hingga pemulangan semakin baik. Sinergitas yang terbangun luar biasa. Peran Pemkab Kediri dengan berbagai perhatian dan dukungan yang diberikan juga baik sekali. Jamaah sangat merasa terbantu termasuk Kementerian Agama Kabupaten Kediri,” lanjutnya.

Ia berpesan kepada jamaah, setelah berkumpul dengan keluarga untuk bisa menjaga kondisi fisiknya dengan baik. Istirahat dengan cukup dan ibadahnya bisa meningkat.

haji 4

Suwarno Muchsin, salah satu jamaah haji yang juga sebagai ketua rombongan terbaik, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada Pemkab Kediri yang telah banyak membantu dan memberikan perhatian.

Alhamdulillah, selama disana pelayanannya sangat baik. Mulai hotel, makan dan minum tercukupi dengan baik, sehingga kita bisa beribadah dengan istiqomah. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT,” ujar Suwarno. (Kominfo/lks,rx,tee,wk)

Sumber : Pemkab Kediri

Pemkab Kediri

Posting Terkait