Jadi Narasumber Utama FGD, Ini yang Disampaikan AKBP Didit BWS

31 views

Trenggalek – Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. turut hadir dalam acara Forum Grup Discussion (FGD) sekaligus tasyakuran Hari Bhayangkara ke-73 yang diinisiasi oleh Polsek Watulimo. Kehadiran orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini adalah sebagai nara sumber utama dalam diskusi yang mengambil tema Kamtibmas wilayah pesisir ini. Selasa (09/08)

AKBP Didit mengawali materinya dengan pemaparan tentang karakteristik wilayah Watulimo yang khas dibanding lainnya. Sebagai sentra penghasil ikan terbesar di Trenggalek serta keberadaan pelabuhan nusantara membuat pesisir Watulimo menjadi salah satu daerah tujuan bagi nelayan dari luar. Kondisi tersebut tentu akan membawa dampak tidak hanya Kamtibmas tetapi juga akulturasi budaya serta konflik sosial lainnya.

“Perlu diantisipasi sejak dini agar tidak muncul permasalahan sosial antara kelompok pendatang dengan masyarakat lokal. Pencegahan bisa dilakukan bersama-sama lintas instansi.” Paparjelas AKBP Didit

“Jika lingkungan itu aman maka pembangunanya bisa lebih maju dan pesat. Demikian pula dengan lingkungan sosial akan turut berkembang. Muaranya adalah kesejahteraan masyarakat khususnya wilayah pesisir bisa lebih meningkat” Imbuhnya

Pada aspek yang lain, Perwira menengah alumni Akpol tahun 2000 ini juga menyinggung tentang pengelolaan pariwisata yang juga merupakan salah satu penopang perekonomian masyarakat di Watulimo. Menurutnya, banyaknya spot wisata harus dikelola dengan baik dan memadai. Apalagi ditambah dengan pembangunan pelabuhan, JLS, Hotel atau penginapanyang dapat mengangkat nilai ekonomi masyarakat.

“Perlu digalakkan bersih-bersih pantai dan laut, agar wisatawan kerasan dan lebih banyak lagi yang berkunjung.” Ujar AKBP Didit

Sementara itu, dalam acara yang digelar di Aula Polsek Watulimo tersebut, AKP Saiful Rohman, S.H. selaku tuan rumah menuturkan, FGD merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap satu bulan sekali dengan lokasi bergantian antar Muspika. Tujuannya adalah agar menemukan solusi kongkrit atas setiap permasalahan yang muncul khususnya di wilayah kecamatan Watulimo.

“Polsek bersama Muspika dan instansi terkait lainnya selalu kompak menjaga Kamtibmas kondusif di wilayah Watulimo.” Ucapnya

Sedangkan, Camat Watulimo menekankan pada fenomena kenakalan anak remaja yang perlu mendapatkan perhatian. Tak ketinggalan dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-73 kepada seluruh anggota Polri dimanapun bertugas.

“Selamat Hari Bhayangkara ke-73. Sukses selalu untuk jajaran Polres Trenggalek” Ujarnya

Acara tersebut diikuti oleh sedikitnya 30 orang diantaranya jajaran Muspika Kecamatan Watulimo, perwakilan pos TNI-AL, Pos Satolairud pantai prigi, kepada instansi terkait serta tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Acara dilanjutkan dengan penanaman terumbu karang untuk kelestarian ekosistem laut oleh AKBP Didit didampingi Muspika dan Pejabat utama dengan enumpang speedboat milik Polres Trenggalek dan Satpolairud.

Trenggalek

Posting Terkait