JatimTerkini.com
Kediri Raya

Jadi Instruktur Diklat Banser, Dua Polisi di Bendungan ini Ajarkan Teknis Atur Lalin dan Pengamanan Giat Masyarakat

Polres Trenggalek – Tak dipungkiri, kiprah Banser NU sebagai mitra Polri dalam menjaga Kamtibmas kondusif cukuplah besar.

Sebagaimana namanya, Banser NU yang merupakan singkatan dari Barisan Serba Guna NU ini menjalankan berbagai fungsi untuk membantu tugas-tugas Kepolisian seperti pengaturan lalu lintas, pengamanan sebuah acara, maupun sebagai tenaga relawan dalam peristiwa-peristiwa yang membutuhkan bantuan segera.

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme anggota Banser, di Kecamatan Bendungan dilaksanakan Diklat Banser yang dipusatkan di Desa Masaran.

Diklat Banser angkatan XXII Ponpes Lirboyo VII cabang Bendungan ini dimulai sejak Jumat (20/11) hingga Minggu (22/11) dengan lokasi kegiatan di area masjid Nurul Imam Desa Masaran.

Hasil pengamatan redaksi di lapangan, pengisian materi Diklat hari ini berupa 12 gerakan pengaturan lalu lintas dan pola pengamanan kegiatan, Sabtu (21/11/2020).

Aiptu Mujianto yang berkolaborasi dengan Aipda Luluk Kristianto terlihat serius memberikan materi kepada seluruh peserta Diklat.

“Tahapan pelatihan 12 pengaturan lalu lintas dimulai dari penjabaran dasar/teori, pengamatan contoh gerakan, praktek gerakan secara bersama-sama, praktek gerakan per individu dan diakhiri dengan evaluasi,” ujar Aiptu Luluk.

Sementara untuk materi pola pengamanan kegiatan, kata Aiptu Mujianto, lebih mengarah kepada penjelasan teori tentang sikap tampang anggota Banser, kesigapan dan kepedulian tentang situasi sekitar, kecepatan dan ketepatan mengambil keputusan saat darurat, serta pentingnya humanisme kepada masyarakat.

“Selain dua materi di atas, secara umum lebih kepada pembentukan karakter dan semangat juang Banser agar menjadi insan bangsa yang mencintai NKRI sekaligus agen pemersatu bangsa. Nilai pokok ini harus melekat di hati setiap anggota Banser,” terang Aiptu Mujianto.

Menjelang azan Duhur, pemberian materi tahap pertama selesai, seluruh peserta disilakan Isoma.

Selesai Isoma dilanjutkan pemberian materi tahap kedua, seluruh peserta Diklat pun tampak antusias.

Sesekali para instruktur memberikan jok-jok segarnya untuk menghibur para peserta Diklat biar tetap bersemangat.

“Hari ini jadwal materi sampai pukul 16.00 WIB. Besok dilanjutkan pengukuhan dan penutupan oleh panitia penyelenggara,” pungkas Aiptu Mujianto.

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

Pasang Stiker Wajib Memakai Masker, AKP Tri Basuki : Satu cara Melawan Covid-19 dan Gugah Kesadaran Masyarakat

Adhis

Apel Pengamanan Ketupat di Durenan Tetap Dilaksanakan

Adhis

Kapolsek Iptu Mujiat.A,S.H Pastikan Warga Sadar Bermasker

Adhis