Insentif Guru Honorer Sidoarjo Naik

(SIDOARJOterkini) – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mulai memperhatikan keberadaan Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Sidoarjo. Pasalnya, Dinas Pendidikan Sidoarjo beberapa bulan lalu sudah menaikkan insentif bagi Guru Honorer dari yang sebelumnya Rp.1 juta menjadi 1,5 juta.

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo, Asrofi mengungkapkan, kebutuhan akan guru honorer di Sidoarjo sangat dibutuhkan mengingat banyaknya jumlah guru PNS semakin berkurang lantaran pensiun. Meski begitu, bagi para guru honorer tidak perlu khawatir karena Pemda sudah menaikkan insentif bagi GTT maupun PTT.

“Untuk yang GTT sebelumnya Rp.1 juta menjadi Rp.1,5 juta. Sedangkan untuk PTT dari sebelumnya Rp.500 ribu menjadi  Rp.1 juta,” ungkap Asrofi melalui sambungan selularnya, Rabu, (17/10/2018).

Menurutnya, hal itu sebanding dengan kualitas Guru honorer yang sebelumnya dilakukan tes potensi atau tes bidang sesuai kemampuan masing-masing. Pihaknya mengakui, pasca banyaknya guru PNS yang pensiun, keberadaan guru sangat dibutuhkan.

“Untuk guru honorer pun tetap akan kita lakukan seleksi. Terutama sesuai kebutuhan mata pelajaran dan kemampuan guru dibidang masing-masing. Bahkan tahun, ini rencananya bakal menambah lagi,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, tahun ini anggaran Dinas Pendidikan di Sidoarjo dari dana APBD mencapai Rp.1,3 Trilliun. Anggaran itu terbagi gaji dan tunjangan Guru PNS sebanyak Rp.950 miliar. Sisanya, 350 miliar diperuntukkan dana bos, insentif honorer dan pembangunan fisik serta kebutuhan lain-lain.

“Untuk honorernya, disediakan anggaran  Rp.50 miliar,” tambahnya.

Menurutnya, jumlah kebutuhan itu bisa saja bertambah ditahun mendatang. Mengingat, kebutuhan tenaga pendidik di Sidoarjo masih kurang. Pihaknya berharap melalui seleksi tes guru ini bisa menjadikan kualitas tenaga pendidik di Sidoarjo semakin mumpuni.

Berdasarkan catatan di Dinas Pendidikan Sidoarjo, jumlah total Guru SD Negeri di Sidoarjo sebanyak 5800 yang terbagi 3300 berstatus PNS, dan Sisanya 2500 merupakan guru swasta. Jumlah itu terbagi dalam 470 sekolah dasar negeri yang ada di Sidoarjo. Sementara, untuk guru SMPN di Sidoarjo berjumlah 1700 an guru baik PNS maupun swasta. Mereka tersebar di 44 sekolah menengah Pertama Negeri di Sidoarjo.(cles)

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com