Inovasi Dua Pelajar Ini Sabet Juara I Inotek 2019 Kategori Agribisnis

44 views

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Ada yang menarik dalam Penganugerahan Lomba Inovasi Teknologi (Inotek) 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang, Kamis (29/08/2019).

Dania Wijayanti dan Rizqina Faizana menunjukkan inovasi Logan Rice disela-sela penganugerahan

Dari sekian pemenang Lomba Inotek 2019, ada dua inovator yang berstatus pelajar MTsN 1 Malang yakni Dania Wijayanti dan Rizqina Faizana. Karya luar biasa yang membawa mereka meraih Juara 1 Inotek 2019 kategori Agribisnis adalah inovasi Logan Rice.

Dania mengungkapkan Logan Rice merupakan singkatan dari Low Glycemic and High Nutrition Analog Rice. Ini merupakan inovasi beras analog bernutrisi dengan rendah glikemik yang berbasis ganyong, bayam dan tiwul sebagai diversifikasi pangan di Indonesia.

“Logan Rice juga memiliki kandungan nutrisi lebih unggul dibandingkan beras. Beras ini juga memiliki glikemik rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes,” jelas Dania, Kamis (29/8/2019).

Selain cocok untuk penderita diabetes dengan nutrisinya yang tinggi, Dania mengungkapkan Logan rice juga sangat pas untuk orang orang yang sedang melakukan diet.

“Sebelum bisa menemukan komposisi yang seperti saat ini, kami melakukan berbagai uji coba dan penelitian selama empat bulan. Alhamdulillah setelah melalui berbagai tahapan panjang, saat ini sudah menemukan hasil yang bagus,” cerita Dania.

Dania mengakui selain kerja keras berdua, kesuksesan ini tidak lepas dari adanya banyak literatur yang didapat di sekolah. Banyaknya literatur memudahkannya melakukan percobaan-percobaan, ekseperimen dan penelitian.

“Melihat hasil yang bagus dari temuan ini, kami berharap ke depan bisa terus dikembangkan. Kalau bisa dipatenkan sebelum diproduksi secara masal,” tegas Dania.

Senada dengan Dania, Rizqina juga sangat senang Logan Rice bisa meraih prestasi di ajang Lomba Inotek Kota Malang. Keberhasilan ini membuat siswa kelas IX ini semakin bersemangat melakukan penelitian.

“Logan Rice dibuat dengan bahan bahan yang mudah didapatkan, pengolahannya lebih cepat dibandingkan beras biasa,” ujar Rizqina.

Rizqina pun berharap dengan inovasi Logan Rice dapat memberikan manfaat, sebagai alternatif diversifikasi pengolahan komoditas pertanian lokal, sumber makanan pokok dan bisa membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Melalui temuan ini, kami juga berharap bisa membantu pemerintah menyukseskan program diversivikasi pangan,” tandas Rizqina. (cah/yon)

The post Inovasi Dua Pelajar Ini Sabet Juara I Inotek 2019 Kategori Agribisnis appeared first on Pemerintah Kota Malang .

Sumber : Pemkot Malang

Pemkot Malang

Posting Terkait