Hiruk Pikuk Pengunjung Surabaya Great Expo 2019

Bangga Surabaya – Di hari kedua, pameran bertajuk Surabaya Great Expo (SGE) 2019 yang berlangsung di Exhibition Hall Grand City Surabaya, terlihat ramai pengunjung.

Namun seketika itu, hiruk pikuk berubah menjadi tenang, ketika Bu Risma – sapaan lekat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, mulai memasuki panggung utama untuk memberi sambutan. Para tamu undangan, pengunjung, peserta acara, maupun media, berkumpul di sekeliling panggung.

Pada saat itu, Bu Risma memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) agar terus bekerja keras dan tidak mudah puas diri.

“Mari bapak ibu sekalian kerja keras terus, kita buktikan bahwa kita bangsa yang besar, kita angkat derajat bangsa ini dengan bekerja keras. Sanggup nggih (ya)?,” kata dia di sela sambutannya, Kamis (15/08/2019).

Salah seorang peserta Surabaya Great Expo 2019 mengaku senang bisa mendapatkan kesempatan bergabung pada event ini. “Acara ini sangat bagus, karena ada dukungan dari pemerintah, saya dapat semangat dari Bu Risma, pokoknya laku gak laku siapa tau terkenal, yang penting dipromosikan,” kata Aini, founder Mahesa Craft.

Mahesa craft sendiri merupakan UMKM yang berfokus pada produk – produk home decor hasil daur ulang kain brokat dan lukis sejak 2006.  Menurutnya, acara ini sangat bermanfaat karena dapat membantu para pelaku UMKM agar lebih dikenal di Nasional maupun Internasional.

“Saya berharap acara seperti dapat memotivasi para ibu – ibu rumah tangga untuk lebih semangat berkarya,” harapnya.

Salah satu produk tas yang dipamerkan dalam Surabaya Great Expo 2019 | Foto: Salsa

Sama halnya dengan Aini, seorang peserta asal Lombok, Sunny juga berpendapat bahwa acara ini sangat bagus dan bermanfaat. Sebagai anggota dari ‘Lombokku Songketku’, Sunny berpendapat jika Pemkot Surabaya telah berhasil membantu para UMKM untuk lebih maju.

“Semoga acara ini bisa dipertahankan, bisa lebih inovatif, lebih bervariasi ke depannya, terutama untuk para pelaku UMKM juga agar bisa lebih mengikuti jaman,” tuturnya.

Menurutnya, meskipun Kota Surabaya tidak punya pemandangan alam, tapi melalui event ini Kota Pahlawan dapat menjadi sentral perdagangan dari seluruh Indonesia. “Surabaya bisa menjadi jembatan kedua bagi indonesia,” katanya.

’Lombokku Songketku’ sendiri telah go international dan berfokus pada kerajinan asal Lombok, seperti aksesoris mutiara, maupun kerajinan kain tenun asli Lombok hasıl kelompok pengrajin tenun dari Sumbawa sejak 2008.

Berbeda halnya dengan seorang pengunjung asal Bandung. Ana – sapaan lekatnya yang juga seorang pelaku UMKM bidang catering, mengaku tertarik mengunjungi Surabaya Great Expo 2019.

Kedatangannya di SGE ini karena ingin tahu seberapa besar kemajuan UMKM di Surabaya. Bahkan, Ana berharap dapat bergabung dalam Surabaya Great Expo di tahun selanjutnya.

Selain pameran, event ini juga diisi dengan workshop, talkshow hingga entertainment | Foto: Salsa

“Aku ke sini (SGE) ingin tahu UMKM di Surabaya itu seperti apa, dan ternyata UMKM di Surabaya ini bagus banget, UMKM nya sangat maju. Di Bandung belum ada ya pameran seperti ini, padahal dibutuhkan banget ya bagi UMKM,” kata Ana.

Sebagai diketahui, event bertajuk Surabaya Great Expo 2019 ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya yang ke-726 dan HUT ke-74 RI. Event tahunan yang digelar di Exhibition Hall Grand City Surabaya ini berlangsung selama lima hari, yakni 14 – 18 Agustus 2019.

Surabaya Great Expo 2019 sendiri bertujuan untuk memberikan ruang kepada para pelaku industri kreatif atau UMKM yang ada di Surabaya, agar memamerkan atau mengenalkan produk-produk yang sudah mereka hasilkan. Event berskala Nasional ini, tidak hanya menyuguhkan pameran, tapi juga diisi dengan berbagai rangkaian acara menarik, seperti workshop, talkshow, maupun entertainment.


Penulis: Salsabila Anjar Firhani

Editor: And

Sumber : Pemkot Surabaya