JatimTerkini.com
Kediri Raya Terkini

Hari Pertama Operasi Zebra Semeru 2019, Satlantas Gencarkan Kampanye Tertib Berlalu Lintas

Polres Trenggalek – Hari Pertama digelarnya Operasi Zebra Semeru 2019, Jajaran Satlantas Polres Trenggalek membuka dengan kegiatan kampanye tertib berlalu lintas sekaligus mesosialisasikan tentang berlakunya operasi bidang lalu lintas tersebut.

Tak tanggung-tanggung Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Suprihanto, S.H. memimpin langsung kegiatan didampingi oleh Kanitdikyasa Aipda Ali Wibowo dan beberapa anggota. Sarana Sosialisasi yang dipilih adalah menggunakan media radio dengan pertimbangan jangkauan yang lebih luas. Rabu (23/10).

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. menegaskan, pada Latpraops yang dilaksanakan seblumnya, orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini telah memberikan penekanan terkait dengan kolaborasi antar Satgas. Menurutnya, pencapaian hasil bisa lebih optimal jika terdapat konsistensi dan kesinambungan antara Satgas Presstif, Preventif dan Represif.

“Sosialisasi merupakan bagian dari pola preemtif. Langkah ini harus ditindaklanjuti dengan melakukan tindakan preventif dan represif sebagai manifestasi dari penegakan hukum itu sendiri, yang dalam operasi ini adalah penegakan hukum bisang lalu lintas.” Jelas AKBP Jean Calvijn.

“Sosialisasi harus cerdas dan mampu menjangkau masyarakat yang lebih luas. Bisa menggunakan sarana komunikasi publik seperti radio atau televisi bahkan media online.” Imbuhnya.

Sementara itu, Kasatlantas AKP Suprihanto menuturkan, sosialisasi tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Radio FM Praja Angkasa yang merupakan salah satu stasiun radio favorit bagi sebagain masyarakat Trenggalek.

“Tidak hanya newsroom semacam berita yang hanya sepintas lalu, tetapi juga kita lalukan dialogis interaktif bersama masyarakat tentang berbagai hal terkait bidang kelalulintasan.” Ujar AKP Suprihanto.

Diharapkan, dengan sosialisasi yang dilakukan secara masif, akan menumbuhkan kesadaran dari masyarakat agar lebih tertib berlalu lintas dan menghindari segala bentuk pelanggara khususnya yang berpotensi terjadinya kecalakaan lalu lintas.

Sebagai informasi, terhitung mulai hari ini hingga 14 hari kedepan, Polres Trenggalek bersama jajaran resmi menggelar Operasi Kepolisian kewilayahan dengan sandi Zebra Semeru 2019. Operasi ini merupakan operasi penegakan hukum bidang lalu lintas untuk menekan dan meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Dalam Operasi ini terdapat 8 prioritas pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran yakni, pengendara sepeda mtor yang tidak menggunakan helm standart; pengendara ranmor R4 atau lebih yang tidak menggunakan safety belt; melebihi batas kecepatan; mengemudikan ranmor dalam pengaruh alkohol; pengendara ranmor yang masih dibawah umur; menggunakan hand phone pada saat mengemudikan kendaraan; melawan arus; serta keabsahan surat-surat Ranmor dan pengemudi.

Related posts

Anggota SPKT Polsek Gandusari Pengamanan Kegiatan Pasar Legi

Abdul

Turut Berduka Atas Wafatnya Ibu Ani Yudhoyono, Polisi dan Masyarakat Trenggalek Gelar Salat Gaib

Adhis

Ngopi Bareng Netizen, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak: Sinergi Jaga Kamtibmas Kondusif

Adhis