HARI KEDUA BIMTEK KEHUMASAN, PESERTA BELAJAR TEKNIK PENULISAN BERITA ONLINE & FOTOGRAFI

16 views

Pemateri Teknik Penulsan Berita Online, Ihya’ Ulumudin menyampaikan materi

 

Sidoarjo, kpujatim.go.id- Memasuki hari kedua pelaksanaan bimtek Kehumasan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur (Rabu, 28/8), peserta belajar teknik penulisan berita online dan teknik fotografi. Khusus dihadirkan pakar di bidang teknik penulisan berita online yakni, Ihya’ Ulumudin dan pakar teknik fotografi, Ali Masduki.

Ihya’ Ulumudin menyampaikan sebuah berita layak diberitakan ketika memenuhi beberapa kriteria. “Antara lain, berita tersebut memiliki nilai berita (news value), memiliki efek beritanya, aktual, memiliki nilai ketokohan, konflik, human interest, kedekatan peristiwa, angel yang tepat dan sebagainya,” jelasnya (28/8/2019).

Kemudian, untuk penulisan berita online ini menggunakan anatomi piramida terbalik. “Dimulai dari yang paling atas adalah teras berita, badan berita dan ekor berita. Teras berita/ lead merupakan alinea pembuka yang berisi pokok pikiran berita atau poin penting dari berita. Lead membantu Kita menentukan judul dari berita itu,” katanya.

Pemateri Teknik Fotografi, Ali Masduki Menyampaikan Materi

Sementara itu, Ali Masduki dalam kesempatan ini menjelaskan teknik dasar fotografi dan foto jurnalistik. “Fotografi ialah sebuah cerita yang disajikan dalam bentuk visual. Dan jurnalistik adalah laporan tentang peristiwa yang dipublikasikan di media massa. Foto jurnalistik merupakan gambar dan naskah yang disajikan bersama dalam media massa,” terang Ali.

Ali menjelaskan pula syarat foto jurnalistik itu harus memiliki daya tarik visual. “Memiliki arti atau isi, daya tarik emosional, aktual, luar biasa, serta menyangkut kehidupan manusia pribadi/ kemasyarakatan,” paparnya.

Selanjutnya, dalam sesi materi Teknik fotografi dan jurnalistik ini lebih banyak praktek penggunaan/ pengaturan kamera dan pengambilan objek foto.

Usai kedua materi ini, acara berikutnya penutupan oleh Ketua KPU Jatim, Choirul Anam.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

KPU Jatim pemilu Pilgub Jatim Politik

Posting Terkait