Gladi Bersih Tari Kolosal 1000 Barong

Gladi bersih Tari Kolosal 1000 Barong yang besok akan digelar sebagai penutup Pekan Budaya telah dilaksanakan pada Jumat (12/7). Pukul 15.00 WIB, lebih dari 3000 penari sudah siap untuk melaksanakan gladi bersih di depan Bank Daerah Kawasan Simpang Lima Gumul.

gladi

Pada gladi bersih kali ini langsung diperagakan tarian 1000 barong yang dikolaborasi dengan beberapa tarian lainnya. Seluruh penari sangat bersemangat dan berlatih dengan sungguh-sungguh demi kelancaran penampilan esok hari.

“Hari ini hari terakhir untuk berlatih, maka dari itu seluruh penari harus semaksimal mungkin untuk berlatih. Dan memang kita hanya tiga kali saja untuk persiapan dan latihan sekaligus membuat konsep yang matang,” ujar Hari Pratondo, Ketua Pasjar.

Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Kediri yang memiliki segudang budaya sehingga menarik perhatian masyarakat lain untuk berpartisipasi dalam Pekan Budaya ini. Terbukti banyak penari yang juga berasal dari luar daerah Kediri. Salah satunya Ipung warga asli Bandung.

gladi 2

“Saya merasa senang bisa ikut menampilkan tarian di Kabupaten Kediri ini sekaligus saya tahu tentang kesenian dan kebudayaannya. Semoga tahun depan bisa ikut kembali,” jelasnya.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Hari Pratondo bahwa selain melestarikan kesenian dan kebudayaan Kabupaten Kediri ini, ia bangga dengan seluruh peserta yang tidak mengenal usia namun tetap semangat untuk mengikuti kegiatan yang berbau kesenian dan kebudayaan.

“Ini sangat bermanfaat sekali, terutama bagi penari yang berusia muda. Mereka akan menjadi generasi penerus agar kebudayaan dan kesenian tidak punah. Selain itu mereka di sini menjadi satu paguyuban yang kompak untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan Kabupaten Kediri,” tambahnya.

gladi 3

Selain semangat dari penari, antusias warga juga sangat besar di acara gladi bersih ini. Seluruh warga penasaran dan langsung memenuhi area gladi bersih. Harapannya untuk esok hari tampilan seluruh tarian ini akan menarik dan dibawakan secara kompak sehingga berjalan dengan lancar. (Kominfo/daw,dn,tj,wk)

Sumber : Pemkab Kediri

Pemkab Kediri

Related Post