JatimTerkini.com
Kediri Raya

Gerhana Bulan, Polisi Dongko Lakukan Pengamanan Kegiatan Ibadah

Polres Trenggalek – Berdasarkan data astronomi, pada hari Rabu, 26 Mei 2021 (tadi malam) terjadi gerhana bulan total atau Khusuful Qamar. Dan gerhana diperkirakan akan berlangsung sejak pukul 18:09 – 20:51 WIB. Kemudian Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama mengimbau umat Islam agar melakukan salat sunnah gerhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Sehubungan dengan hal itu, dari pihak Kepolisian Polsek Dongko Polres Trenggalek dibawah pimpinan AKP Rohadi,S.H., menindaklanjuti untuk melakukan penggalangan ke pengasuh Pondok pesantren dan pendataan atas Masjid juga lapangan di wilayah Dongko yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan jama’ah shalat khusuf, kemudian melakukan pengamanan demi terciptanya situasi kamtibmas aman kondusif serta kegiatan ibadah dapat khusyuk serta sesuai protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19.

Terlihat anggota Polsek Dongko lakukan koordinasi dengan pengasuh Pondok pesantren Darussalam Dongko K.H. Ahmad Samingan kemudian melakukan monitoring dan pengamanan pelaksanaan shalat khusuf di Mushala Pondok tersebut.

Dikonfirmasi Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi menjelaskan, bahwasanya sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, umat Islam dianjurkan melakukan salat gerhana, walaupun dalam posisi gerhana bulan sebagian. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak zikir, doa, istighfar, taubat, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya.

“Jika ada gerhana, umat Islam dianjurkan melakukan salat. Namun demikian guna mempertimbangkan waktu terbit bulan, maka Salat Gerhana bisa dilakukan pada rentang setelah Salat Maghrib sampai selesai Gerhana sesuai dengan waktu di atas, dan kami dari pihak Kepolisian hadir untuk berikan pelayanan serta demi terlaksananya kegiatan ibadah dapat berjalan dengan khusyuk serta sesuai protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 mengingat sekarang dalam kondisi pandemi,” jelasnya.

Alhamdulilah, terpantau dari pelaksanaan Salat Gerhana di Pondok pesantren Darussalam Dongko diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan berjalan aman terkendali. Tandas Kapolsek Dongko.

Sumber : Polres Trenggalek

Related posts

AKP Budi H, S.H. Kapolsek Panggul Berikan Arahan Dalam Apel Pagi

Adhis

Masih Berlanjut, Polisi Lakukan Penyekatan Kendaraan Keluar Masuk Trenggalek

Adhis

Masyarakat di Pasar Desa Karanganyar, Diimbau Untuk Patuhi Prokes

Adhis