JatimTerkini.com
Headline JT Jatim Madura Malang Raya Mataraman Mojokerto Nasional Pantura Politik Sidoarjo Surabaya Tapal Kuda Terkini Trenggalek

Gelar Rakor Online, PKS Jatim Siap Sukseskan Vaksinasi dan PPKM Darurat

SURABAYA- Penyebaran Covid-19 yang semakin tidak terkendali, membuat semua pihak harus berperan aktif untuk melawan. Karenanya, PKS Jawa Timur, melakukan rapat koordinasi online Gugus Tugas penanganan Covid19 PKS se-Jawa Timur, Sabtu (3/7). Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan mengajak seluruh Anggota PKS dan masyarakat di Jatim untuk turut menyukseskan program Vaksinasi dari pemerintah dan turut mensukseskan pelaksanaan PPKM Darurat.

Irwan menyampaikan bahwa ajakannya kepada seluruh anggota PKS Jatim dan masyarakat itu berdasarkan atas instruksi Presiden PKS nomor 08/int/PRES-PKS/2021 tentang Kesiapsiagaan struktur dan Anggota Partai keadilan Sejahtera dalam menghadapi Covid-19.

“Karenanya saya meminta kepada sekitar seluruh anggota PKS, simpatisan serta masyarakat yang ada di Jatim, agar berperan aktif supaya program vaksinasi dari pemerintah ini sukses,” kata kang Irwan.

Kang Irwan mendorong anggota PKS di Jatim melakukan vaksinasi. Pihaknya juga meminta kepada anggota Dewan dari PKS dan struktur partai, agar dapat memfasilitasi ketersediaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi kepada seluruh masyarakat.

Hal ini, ia menambahkan, demi meningkatkan imunitas pribadi dan mempercepat terbentuknya imunitas kelompok. Ia menghimbau kepada pengurus, anggota PKS dan masyarakat umum untuk melaksanakan vaksinasi Covid 19.

Tak hanya mengimbau, Irwan juga meminta kepada para pengurus dan anggota PKS di seluruh Jawa Timur ini untuk aktif menggelar berbagai layanan yang membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Khusus untuk vaksinasi, anggota PKS harus taat himbauan atau aturan pemerintah khususnya Satgas Covid-19.” katanya

Selain itu, Irwan juga mendorong agar anggota PKS di seluruh Jatim membantu pemerintah dalam memperketat pergerakan warga dan penerapan disiplin protokol kesehatan. Pihaknya mengajak untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan serta konsisten dalam pelaksanaan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi aktivitas dan
mobilitas keluar rumah.

“Ini penting, karena inilah inti dari kebijakan pemerintah tentang PPKM Darurat,” kata Irwan.

Ia juga meminta kepada pemerintah provinsi maupun kabupaten di Jawa Timur agar juga memperhatikan dampak ekonomi yang bisa ditimbulkan akibat PPKM Darurat. “Jika masyarakat diminta untuk patuh, pemerintah juga sebaiknya menyiapkan berbagai rencana untuk mengantisipasi dampak ekonomi yang mengikuti PPKM Darurat.” tuturnya.

Menanggapi banyaknya informasi yang tidak benar (hoax) dan berita palsu (fake news) yang bertebaran di masyarakat, mantan anggota dewan 2 periode ini meminta agar anggota PKS harus merujuk dan membagikan informasi yang valid dan kredibel terkait informasi Covid-19 dari sumber-sumber yang resmi dan otoritatif. Info yang resmi itu, seperti dari Satuan Tugas Nasional Covid-19, Kementerian Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Para Ahli dan Tenaga Kesehatan.

Untuk memberi pelayanan kepada masyarakat, Irwan meminta agar pengurus menyiapkan rencana tanggap darurat dan melakukan upaya maksimal untuk membantu anggota, termasuk menjadikan kantor partai, rumah dan fasilitas umum lainnya yg bisa digunakan sebagai tempat perawatan atau sebagai Rumah Sakit modular/darurat pasien Covid-19 gejala ringan dan sedang.

Seluruh bidang di struktur PKS, ia menjelaskan sedang mengupayakan memberi pelayanan tanggap darurat untuk masyarakat, mulai dari tingkat DPW di propinsi, DPD di tingkat kabupaten/kota, tingkat DPC di kecamatan bahkan DPRa di tingkat desa. In syaa Allah semuanya bergerak, membantu masyarakat.

Ketua Bidang Kesos DPW PKS Jatim dr Jojok Santoso SpPD FINASIM dalam Rakor itu menyapaikan kesiapannya. “Insya Allah, anggota PKS Jatim akan memberikan yang mereka bisa untuk masyarakat. Saya juga terus mengingatkan agar teman-teman terus melakukan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat yang terkait, agar penangannya bisa lebih tertata dengan baik,” katanya.

Khusus kepada anggota PKS, Irwan meminta untuk selalu waspada dan memperketat protokol kesehatan. Apabila anggota atau anggota keluarga PKS dan juga masyarakat yang memiliki gejala demam dan gejala Covid-19 lainnya, ia meminta agar menjalankan isolasi mandiri dengan ketat sesuai SOP, menjaga stamina dengan memperbanyak kualitas istirahat dan pola makan. Juga memantau kondisi kesehatan terutama pada penderita bergejala dan terdapat komorbid dan segera menghubungi gugus tugas Covid untuk mendapatkan penanganan dan arahan yang tepat.

“Ikatan tali persaudaraan juga sangat penting untuk dikuatkan, agar bisa terus saling bantu, saling perhatian untuk memnerikan dukungan moral, mental maupun spiritual,” ujar Irwan.

Terakhir, Irwan meminta agar semuanya terus mendekatkan diri kepada Allah dengan banyak melakukan kebaikan dan selalu berdoa agar Allah segera menghilangkan musibah virus Covid-19. “Istighosah bisa dilakukan. Semoga Allah menjaga kita semua, menolong masyarakat Jatim dan bangsa Indonesia pada umumnya,” harap pria 45 tahun ini. (jt12)

Related posts

Selama PPKM Darurat dan Level 4, Denda Pelanggar Prokes Senilai Rp. 504.600.000 Disetor ke Kasda Sidoarjo

Abdul

Forkopimda Jatim Mengecek Pelaksanaan Vaksinasi di Tuban

Adhis

Wakapolri Gelar Vidcon, Kapolresta Mojokerto : Awasi Anggota agar tidak Melanggar