Gelar Bimtek Kehumasan, Guna Tingkatkan Kualitas Penulisan Berita Dalam Konten KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur

37 views

Hupmas, Surabaya – Rabu pagi (28/08/2019) memasuki hari ke 2 (dua) Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan yang dilaksanakan KPU Provinsi Jawa Timur yang berlangsung di Fave Hotel Sidoarjo, Jl. Jenggolo Nomor 15, Pucang Kabupaten Sidoarjo dilanjutkan dengan pembekalan materi yang terlaksana dalam 2 (dua) sesi.
Sesi pertama dalam pembekalan materi, peserta yang terdiri dari 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur mendapatkan materi terkait Teknik Penulisan Berita Online yang disampaikan oleh Ihya Ulumuddin (Jurnalis I News.com).
Dalam memaparkan materi Ihya menyampaikan gambaran umum dalam menulis berita yang meliputi tentang 5W 1H, (scannability) mudah dipahami dan enak dipandang, readability (enak dibaca), (usability) berguna dan bermanfaat untuk pembaca, (findability) mudah ditemukan dan dicari oleh pembaca dan beberapa hal lain terkait dengan penulisan berita online.

Sedangkan dalam sesi ke-2, penyampaian materi berisikan Teknik Fotografi yang disampaikan oleh Ali Masduki (Fotografer Sindo) berkaitan dengan teknik dan jenis pengambilan foto yang tujuannya untuk meningkatkan skill dan pengetahuan peserta dalam mengambil foto sebagai penunjang berita.

Memasuki sesi akhir yaitu penutup, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam, dalam menutup bimtek menyampaikan bahwa informasi itu sangat penting sehingga humas KPU harus mampu berperan aktif memberikan hak publik untuk mendapatkan informasi dengan utuh dan benar.
“Informasi itu memang menjadi hak publik, maka sangat penting pula untuk KPU Kabupaten/Kota menyampaikan informasi tersebut secara utuh dan benar,” ujar Anam. (al/esar)

Sumber : KPU Surabaya

KPU Surabaya Politik

Posting Terkait