JatimTerkini.com
Jatim Kediri Raya

Forkopimda Trenggalek Resmikan PKJR Simpang Lima Kasrepan

Polres Trenggalek – Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) bukan sekedar tanggung jawab aparat keamanan, peran masyarakat merupakan hal yang harus digalakan. Salah satunya melalui Pos Kamling Jalan Raya atau yang lebih dikenal dengan sebutan PKJR.

Guna mendukung terciptanya Kamtibmas yang kondusif sekaligus mendorong peran serta masyarakat secara mandiri, Polres Trenggalek meresmikan PKJR tepatnya yang berada di simpang lima Kasrepan Desa Jombok Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek. Senin, (22/2).

Persemian ditandai dengan pemotongan pita oleh Plh. Bupati Trenggalek Ir. Joko Irianto, M.Si. dilanjukan pemukulan gong oleh Dandim 0806 Letkol Arh Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol serta penyerahan perlengkapan PKJR oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si.

AKBP Doni mengatakan, salah satu pointers yang tercantum dalam 16 prioritas Kapolri dengan jargon Polri Presisi adalah meningkatkan peran serta masyarakat secara mandiri dalam pemeliharaan Kamtibmas yang kondusif.

Ada beberapa hal yang menjadi latar belakang peresmian PKJR tersebut. Selain untuk membantu jumlah personel Kepolisian yang terbatas, masyarakat Kecamatan Pule dinilai cukup berperan aktif dalam mencegah terjadinya gangguan kriminalitas disamping koordinasi dan kolaborasi yang memang kerap dilakukan.

“Di mana pandemi Covid-19 ini, PKJR juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana rembuk, pengawasan dan peningkatan disiplin protokol kesehatan. Apalagi simpang lima ini juga banyak dikunjungi warga dan menjadi tempat berbagai aktivitas lainnya.” Ucap AKBP Doni.

Pihaknya juga mengapresiasi masyarakat yang sudah melakukan kegiatan penjagaan malam lingkungan, untuk membantu aparat keamanan. Peresmian PKJR ini sebagai wujud sinergitas kemitraan polisi dan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas . Dalam pelaksanaannya bisa menggandeng elemen masyarakat lainnya.

Masih kata AKBP Doni, Situasi kamtibmas tidak akan terwujud tanpa adanya kerjasama semua pihak. Selama ini, situasi Kamtimbas di Trenggalek relatif cukup kondusif dibanding kabupaten/kota lainnya.

“Dengan adanya pos kamling ini, merupakan wujud keikutsertaan masyarakat dalam hal mewujudkan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Pos kamling juga merupakan alat penyambung silaturahmi antar warga,” pungkasnya.

Related posts

3 Pilar Polsek Munjungan Launching Sekolah Ramah Anak di SMPN 3

Adhis

Patroli Sejak Pagi Buta, Pantau Aktifitas Masyarakat di Pasar Subuh

Adhis

Dinkes Jatim Lakukan MoU dengan Kanwil Kemkumham

redaksi