JatimTerkini.com
Banyuwangi Headline JT

Festival Kebaya di Banyuwangi Digelar dengan Disiplin Prokes

Kebaya hasil karya desainer milenial Banyuwangi dipamerkan dalam Festival Kebaya dengan standar prokes, Jumat (8/10) sore/Budi Wiriyanto
Kebaya hasil karya desainer milenial Banyuwangi dipamerkan dalam Festival Kebaya dengan standar prokes, Jumat (8/10) sore/Budi Wiriyanto

Banyuwangi (jatimterkini.com)- Pandemi belum berakhir. Kabupaten Banyuwangi mulai bergerak membangkitkan sektor kreatif. Kerajinan batik salah satunya. Mengaparesiasi para perajin batik, Banyuwangi menggelar Festival Kebaya, Jumat (8/10) sore. Kegiatan di halaman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat digelar dengan disiplin protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Ini adalah upaya kami menggairahkan kembali sektor ekonomi kreatif yang sempat stagnan selama pandemi. Dengan dimunculkannya even-even kecil semacam ini, harapannya karya-karya kreatif tetap bermunculan,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Pihaknya berharap ajang ini bisa menjadi panggung bagi desainer lokal, menghasilkan karya kebaya yang bisa dipakai dalam berbagai suasana dan usia. Harapan lainnya, festival menjadi sumber inspirasi bagi para pelaku fesyen. Sehingga, bisa meningkatkan kreativitas.

Ajang festival ini sudah dimulai, Juni 2021 lalu. Diawali kompetisi desain kebaya dan kebaya milenial. Proses penilaian dilakukan secara virtual. Menghindari kerumunan. Para pemenang tampil di panggung. Namun, pengunjng dibatasi. Para pengunjung wajib menunjukkan bukti vaksinasi. Dan, menerapkan prokes 5 M.

Ikut hadir Miss Indonesia 2018, Alya Nur Shabrina. Alya tampil anggun bersama para pemenang mengenakan gaun cantik berwarna pink cerah karya desainer Banyuwangi. “Saya bangga bisa terlibat dalam kegiatan ini,” ujar Alya. Apalagi, tetap mengedepankan prokes. Menurutnya, festival ini mendorong kreativitas anak muda mencintai budaya.
(Budi Wiriyanto)

Related posts

Reuni Crosser Era 70 – 80an Susuri Gunung Panderman – Coban Rondo

Abdul

Sekarang Mengambil E-tilang Bisa Dilakukan di MPP Sidoarjo

Abdul

Pengendara Motor Tewas Tertabrak Truk di Jalan Wonokupang Balongbendo

Abdul