JatimTerkini.com
Banyuwangi Headline JT

Dukung Pengusutan Polemik Dana PADes, Pemuda Sumberberas akan Turun Jalan

Pemuda Desa Sumberberas mendeklarasikan Laskar Pemuda Sumberberas (Lapedas), Selasa (11/1/2022) malam.
Pemuda Desa Sumberberas mendeklarasikan Laskar Pemuda Sumberberas (Lapedas), Selasa (11/1/2022) malam.

Banyuwangi (jatimterkini.com)- Sikap Polresta Banyuwangi yang memanggil dua pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sumberberas,Kecamatan Muncar terkait polemik dana Pendapatan Asli Desa (PADes) mendapatkan dukungan. Pemuda Sumberberas yang tergabung dalam Laskar Pemuda Sumberberas (Lapedas) mendukung penuh pengusutan penggunaan anggaran di desanya. Bahkan, mereka siap menggelar aksi turun jalan, mendesak penegak hukum membongkar dugaan pelanggaran dalam APBDes Sumberberas.

“Kami mendukung penuh aparat penegak hukum membongkar dugaan pelanggaran penggunaan anggaran di desa kami, tidak hanya PADes, tapi juga penggunaan seluruh dana APBDes ,” kata Kadek Kimsay kepada jatimterkini.com, Rabu (12/1/2022) siang. Dana APBDes dinilai memiliki sumber yang lebih besar, tidak hanya dari pos PADes.

Pihaknya berharap, pengusutan dugaan pelanggaran terkait anggaran ini bisa menyentuh hingga ke akar-akarnya. Sehingga, tidak ada lagi pandangan negatif di masyarakat. “Jadi, semuanya biar jelas jika memang ada indikasi pelanggaran. Usut semua jika terindikasi terlibat. Ini demi kemajuan Desa Sumberberas,” tegas mantan Ketua Karang Taruna Desa Sumberberas tersebut.

Dukungan pengusutan dari Polresta ini bukan sekadar isapan jempol. Para pemuda langsung mendeklarasikan organisasi Lapedas sebagai wadah aspirasi, Selasa (11/1/2022) malam. “Deklarasi ini sebagai bukti kalau pemuda ingin memberikan yang terbaik untuk Desa Sumberberas,” pungkasnya.

Sebelumnya, dua pengurus BUMDes Sumberberas dipanggil penyidik Polresta untuk dimintai klarifikasi. Materinya, seputar setoran dana BUMDes ke desa. Terutama, sepanjang tahun 2021. Pemanggilan ini menyusul sorotan tokoh warga Desa Sumberberas terkait penggunaan dana setoran BUMDes yang menjadi PADes. (Budi Wiriyanto)

Related posts

Pelari Tertua Ikuti Lomba Lari Infantry Run Season 2

Abdul

Pukesmas Jabon Lakukan Tes Antigen Terhadap 201 Ibu Hamil

Abdul

Kapolresta Mojokerto Ikrar Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat dalam Safari Jumat