JatimTerkini.com
Banyuwangi Headline JT

Dugaan Penyimpangan Anggaran, Kades Sumberberas Diperiksa Inspektorat


Banyuwangi (jatimterkini.com) – Inspektorat Kabupaten Banyuwangi akhirnya memanggil Kades Sumberberas Sri Purnanik terkait dugaan penyimpangan anggaran di desa tersebut. Agendanya, mengusut kemungkinan adanya kerugian negara selama periode 2020 dan 2021.

Pemanggilan Kades Sumberberas dibenarkan Kepala Inspektorat Banyuwangi, Pujo Hartanto. Pejabat ini menegaskan, pemerikaan tersebut menyusul laporan yang masuk ke meja Inspektorat.
“Dasarnya ada laporan masuk. Akhirnya, ditindak lanjuti oleh tim auditor Inspektorat. Tahap awal, kita periksa Kades Sumberberas pada Rabu (12/1/2022) siang,” kata Pujo via telepon, Kamis (13/1/2022) siang.

Pemeriksaan dengan tujuan tertentu ini, menurut Pujo, untuk memastikan kemungkinan adanya penyimpangan penggunaan anggaran. Karena masih pemeriksaan awal, pihaknya belum bisa memastikan berapa total anggaran yang diselewengkan. “Kita audit dulu, apakah antara administrasi dan kenyataan ada kecocokan. Nanti, direkap untuk mengetahui kerugian dan penyimpangannya,” jelas mantan Kadis Perikanan Banyuwangi tersebut.

Kepala Inspektorat Pujo Hartanto
Kepala Inspektorat Pujo Hartanto

Pujo memastikan, pemeriksaan terkait polemik anggaran Desa Sumberberas akan terus berlanjut. Tidak hanya Kades, para pihak yang terkait anggaran desa juga akan dimintai keterangan. Jika ditemukan penyimpangan anggaran, pihaknya akan memberikan rekomendasi untuk mengembalikannya. Meski begitu, jika masih ada laporan pidana, pihaknya akan menyerahkan pada aparat penegak hukum. “ Jadi, Inspektorat bukan ranah pidana. Kami auditor, jika ada penyimpangan anggaran, sanksinya mengembalikan,” pungkasnya.

Polemik penggunaan anggaran di Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar mencuat setelah muncul sorotan dari tokoh warga setempat. Terkait ini, penyidik Polresta Banyuwangi juga melakukan klarifikasi dua pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumberberas. (Budi Wiriyanto)

Related posts

Kejar PPKM Level 1, Pemkab Sidoarjo Target Tiap Kecamatan 1.500 Dosis Vaksin Per Hari

Abdul

Kereta Odong-odong Tabrak Rumah, 12 Penumpang Luka-luka

Ekonomi Menggeliat, HIPMI Banyuwangi : Kuncinya Disiplin Prokes