Dinas Kominfo Gelar Workshop Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan TIK

Klojen (malangkota.go.id) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang menggelar Workshop Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan TIK Kota Malang di Hotel Gajahmada, Rabu (17/10).

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Zulkifli Amrizal, S.Sos, M.Si saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan

Hadir membuka kegiatan ini Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Zulkifli Amrizal, S.Sos, M.Si. Dalam sambutannya, Zulkifli banyak berpesan kepada para peserta agar dalam kegiatan ini mengikuti sebai kmungkin agar ke depan dapat lebih baik lagi dalam menjalankan tugasnya.

Kemajuan TIK yang semakin pesat, menurut Zulkifli dibutuhkan SDM yang mumpuni untuk bisa mengemban tugas dengan baik.

“Pada era ini peran teknologi informasi mutlak diperlukan. Kemampuan yang baik dalam menguasai TIK sangat dibutuhkan untuk bisa memenuhi harapan masyarakat yang semakin maju,” ucap Zulkifli, Rabu (17/10).

Ditambahkannya, saat ini TIK merupakan salah satu pilar utama pembangunan peradaban manusia. Keandalan TIK di hampir seluruh aspek kehidupan manusia menjadikan teknologi sebagai sumber bagi munculnya peradaban baru.

“Saat ini tidak ada satupun bidang kehidupan  ataupun sektor pembangunan yang tidak memerlukan penggunaan TIK. Masyarakat juga makin sadar bahwa kehadiran ‘intervensi’ pemanfaatan TIK sangat diperlukan,” jelasnya.

Perangkat berbasis TIK ini, disebutkannya akan mampu memberikan bantuan maksimal dalam menjalankan fungsi pemerintahan, terutama layanan publik.

TIK juga sudah berkembang, perangkat kerja, tata kelola tik yang baik (IT-Governance), bahkan sistem audit TIK juga sudah dikembangkan dengan luas di dunia. “Oleh karenanya wajar jika sistem audit tik juga harus diperhatikan dalam tata kelola pemerintahan,” jelasnya lebih lanjut.

“Oleh karenanya kegiatan ini dilakukan selain untuk mengukur TIK yang sedang berjalan, juga untuk mengetahui adanya penyimpangan yang terjadi, sehingga hasilnya dapat digunakan untuk melakukan perbaikan dari penyimpangan yang terjadi dan digunakan untuk manajemen TIK secara menyeluruh,” terangnya.

Ia juga berharap ada saran dan kritik terkait implementasi TIK terutama untuk keperluan audit di Pemerintah Kota Malang guna menunjang dan meningkatkan pelayanan publik yang prima.

Sementara itu Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) Dinas Kominfo Kota Malang Ir. Titis Andayani, MM menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh peserta dari OPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang. “Tujuan diadakannya kegiatan adalah untuk membangun ciri khas, serta memberikan wawasan dan pemahaman monitoring dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik,” ungkapnya. (cah/yon)

The post Dinas Kominfo Gelar Workshop Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan TIK appeared first on Pemerintah Kota Malang .

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : Pemkot Malang