Dijanjikan Lolos CPNS, Warga Trenggalek Tertipu Ratusan Juta Rupiah

Trenggalek – Seorang pria berinisial TK warga desa Bolorejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung harus berurusan dengan pihak Kepolisian lantaran diduga telah melakukan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan dengan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H., dalam konferensi pers yang digelar dihalaman Mapolres siang ini. Kamis (05/09).

“Setelah menerima laporan, petugas kemudian melakukan serangkaian tindakan penyelidikan dan berhasil menangkap tersangka pada hari Selasa tanggal 27 Agustus 2019 sekira pukul 00.30 WIB di jalan masuk Dusun Sumberejo, Desa Benowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.” Ungkap AKBP Didit

“Tersangka dibawa ke Polres Trenggalek guna penyidikan lebih lanjut.” Imbuhnya

AKBP Didit menuturkan, pada pertangahan bulan Oktober 2016, tersangka TK meminta korban mentransfer uang sebesar Rp. 50 juta untuk mendapatkan PIN dan menyatakan bahwa anak korban masuk dalam penerimaan CPNS tahun 2016.

Kemudian tersangka meminta transfer lagi beberapa kali kepada korban sampai terakhir pada tanggal 31 April 2017 sejumlah Rp. 10 juta dengan alasan pelunasan untuk mendapatkan PIN dan Skep anak korban, yang menurut keterangan pelaku akan dibantu dimasukkan sebagai staf BKD Trenggalek.

Setelah mentransfer uang hingga total mencapai Rp. 120 juta kepada tersangka, korban terus menunggu kabar sesuai yang dijanjikan, Namun hingga saat ini kabar tersebut tak pernah sesuai harapan korban. Merasa ditipu korbanpun melapor kejadian tersebut ke Polres Trenggalek.

“Barang bukti yang diamankan antara lain, 4 lembar surat pemberitahuan penerimaan SK CPNS, 5 lembar bukti transfer/setoran, 1 lembar surat pemberitahuan penerimaan CPNS, 1 lembar surat pernyataan perjanjian penyelesaian” Ujar AKBP Didit

Atas perbuatanya, petugas menjerat dengan pasal pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan yang diancam dengan pidana maksimal 4 (empat) tahun penjara.

Trenggalek

Related Post