JatimTerkini.com
Banyuwangi Headline JT

Diduga Kemarau, Lereng Merapi Ungup-ungup Banyuwangi Terbakar


Banyuwangi (jatimterkini.com) – Diduga musim kemarau, lereng Gunung Merapi Ungup-ungup, di utara Gunung Ijen, Banyuwangi, terbakar, Rabu (13/10). Api diketahui mulai muncul sejak dua hari terakhir. Kobaran api terlihat jelas saat malam hari, terutama di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Api menjalar, membara di atas ketinggian.

Hingga Rabu siang, asap masih terlihat jelas membumbung. Fenomena ini menjadi perhatian warga. “ Dua hari ini asap mulai terlihat. Paling jelas, Rabu malam. Apinya terlihat besar, membara,” kata Heri Capung, salah satu warga Kecamatan Wongsorejo, Rabu (13/10) siang. Diduga, kebakaran dipicu kemarau di lereng Merapi Ungup-ungup. Lahan yang terbakar diyakini hamparan ilalang. Sehingga mudah terbakar.

Belum diketahui berapa luas hutan yang terbakar ini. Termasuk, titik pasti lokasinya. Jalur ke lokasi juga sangat sulit. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi menduga titik api lebih dari satu. “ Itu masuk wilayah cagar alam. Lokasinya jauh dari permukiman. Kami sudah koordinasi dengan Badan Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA),” kata Kasi Kedaruratan BPBD Banyuwangi, Ponirin, Rabu siang.

Menurut Ponirin, tim BKSDA sudah meluncur ke lokasi untuk memadamkan api. Pihaknya terus berkoordinasi untuk mengikuti perkembangan. “ Kami siaga. Menunggu perkembangan,” tegasnya. (Budi Wiriyanto)

Related posts

Polres Trenggalek Lakukan Asistensi Pos Kamling dan Posko PPKM Mikro

Adhis

Seorang Pemotor Tewas Usai Tabrak Mobil Pick Up di Jalan Mojoruntut Krembung

Abdul

Sekarang Mengambil E-tilang Bisa Dilakukan di MPP Sidoarjo

Abdul