Dialogis Kamtibmas Dengan Warga Pule

Polres Trenggalek – Suasana ngobrol sebelum pelaksanaan turnamen Pemdes Cup I di salah satu warung yang disediakan panitia penyelenggara dengan para masyarakat dilakukan personel Polsek Pule Polres Trenggalek pada Selasa ( 02/10 ). Dengan pembahasan banyaknya kabar hoax yang dikaitkan dengan bencana yang terjadi di donggala dan Palu akhir -akhir ini, salah satunya yang sedang viral di pulau jawa adanya kolam renang pusat pelatihan TNI AL di dekat Juanda Jawa Timur yang menyemburkan ombak besar akan terjadinya tsunami.

 

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

” Kalau masyarakat yang awam akan menganggap itu adanya kejadian yang sebenarnya yang akan menimbulkan kepanikan dikalangan masyarakat yang ujungnya bisa mengganggu kamtibmas, ” kata Kanit Sabhara Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu sofiyan saat ngobrol bersama warga.

 

Dari adanya kejadian viral salah satu lokasi yang digunakan untuk latihan TNI AL memberikan Klarifikasi itu tidak benar, seperti yang disampaikan Kanit Sabhara Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Sofiyan menindak lanjuti informasi dari interner yang telah dibacanya dan kebenaranya tidak meragukan.

 

Isi dari pernyataan TNI AL substansinya begini, ” Sesuai keterangan pihak BMKG melalui Press Release bahwa kejadian tersebut bukan ditimbulkan oleh gempa yang tercatat di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya. Sedangkan Puslatdikkomil TNI AL Juanda menyampaikan bahwa kolam renang tersebut memang dipasangi semacam alat blower pengaduk air sebagai salah satu sarana Diklat penanganan SAR perairan (laut dan sungai) yang difungsikan untuk simulasi kejadian dan bencana,” kata Kanit Sabhara Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Sofiyan.

 

Hoax bertumbuh-kembang seiring dengan popularitas media sosial. Media sosial memungkinkan semua orang menjadi publisher atau penyebar berita, bahkan “berita” yang dibuatnya sendiri, termasuk berita palsu atau hoax.

 

Hoax umumnya bertujuan untuk “having fun” atau humor. Namun, hoax juga bisa dijadikan alat propaganda dengan tujuan politis, misalnya melakukan pencitraan atau sebaliknya, memburukan citra seseorang atau kelompok. Waspada… Waspadalah!!

 

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : Polres Trenggalek