Diabetes Jadi PR Jatim

115 views

Jatim Terkini
Penyakit diabetes menjadi fokus penanganan kesehatan. Bahkan di Jawa Timur penyebarannya dari tahun ketahun mengalami peningkatan.
Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Moeloek, menjelaskan dalam 20 tahun terakhir, di Jawa Timur ada peningkatan sebesar 329,8 persen untuk penderita diabetes mellitus. Hal ini menjadi sorotan lantaran peningkatannya sangat pesat.
Nila menyebut Kabupaten Madiun merupakan wilayah diabetes paling banyak di Jatim. Selain Madiun, daerah seperti Kota Surabaya juga menjadi daerah yang meningkat angka diabetes mellitusnya.
“Jawa Timur tinggi sekali peningkatannya sampai 300 persen. Surabaya naik sebesar 5 persen. Nasional juga naik 8 persen,” kata Menkes Nila saat hadir dalam acara Rapat Koordinasi Program Prioritas Bidang Kesehatan Provinsi Jawa Timur, di Hotel Bumi, Jumat (12/4/2019).
Nila menjelaskan masalah gaya hidup masih menjadi persoalan penderita diabetes meningkat. Ini menjadi ironis sebab tingkat konsumsi makanan tidak sehat masyarakat di Jatim peningkatannya lebih besar dibandingkan dengan Jawa Tengah.
“Karena itu saya ajak mari mengonsumsi gizi yang seimbang,” kata Menkes.
Dalam hal ini Nilla menekankan pentingnya lintas lini baik itu dari rumah sakit, posyandu, dan puskesmas, untuk gencar sosialisasi dan penyuluhan ke masyarakat terkait hidup yang sehat dan konsumsi gizi seimbang.
Sementara itu Kepala Dinkes Jatim Kohar Hari Santoso mengatakan, pihaknya akan berkordinasi dengan Dinkes kabupaten/kota, rumah sakit dan faskes serta semua stakeholder dalam mengatasi masalah kesehatan di Jatim . Menurutnya, permasalahan kesehatan di Jatim tidak dapat diselesaikan secara parsial atau sendiri-sendiri perlu ada kordinasi dan kerjasama semua pihak. Dna

 

dinas kesehatan Dinkes Jatim

Posting Terkait