Dandim 0813 Bojonegoro Hadiri Deklarasi Madrasah Ramah Anak

26 views

Bojonegoro,cakrawalnews.co –      Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) turut menghadiri deklarasi Madrasah Ramah Anak (MRA) dan pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (12/8/2019).

Sebanyak 689 lembaga pendidikan mulai dari RA hingga MA turut mengikuti deklarasi ini dalam rangka untuk menyediakan sumber daya manusia yang terlatih dan memahami tentang Konvensi Hak Anak (KHA) tanpa memandang suku, ras, agama dan kepercayaan.

“Deklarasi ini bertujuan untuk memberikan jaminan orang tua terhadap anaknya yang menempuh pendidikan di Madrasah,” demikian dilaporkan oleh Drs. H.M. Syamsuri, M.Pd.I., selaku Ketua Panitia Acara.

Drs. H.M. Syamsuri, M.Pd.I., yang Kepala Kemenag Kabupaten Bojonegoro menambahkan bahwa deklarasi Madrasah Ramah Anak (MRA) dilaksanakan karena keprihatinan dengan maraknya kenakalan, dan kekerasan yang dilakukan oleh anak-anak baik dilingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah.

“Anak-anak Madrasah akan mendapatkan pendidikan yang penuh kasih sayang. Sehingga hal ini agar tidak terjadi kekerasan, pelecehan, bully, diskriminasi, ancaman dan lain-lain di pendidikan Madrasah,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah dalam sambutannya mengatakan bahwa mencegah kekerasan, dan kenakalan anak merupakan tanggung jawab bersama. Bahkan kenakalan dan kekerasan anak itu dilakukan di luar lingkungan sekolah.

“Oleh karena itu dengan adanya Madrasah Ramah Anak (RMA) ini patut diapresiasi, karena hal ini merupakan salah satu cara untuk menekan angka kekerasan pada anak,” ujarnya.

Menurutnya, kekerasan atau kenakalan itu bisa dicegah dengan adanya pemahaman akan kesadaran dari diri sendiri serta penggunaan IT yang efektif.

“Sehingga, dengan penggunaan IT secara efektif maka perilaku anak-anak akan terbangun baik,” tandas Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli, Kasubdit Bidang Kurikulum Pendidikan Madrasah Kemenag RI DR Ahmad Hidayatullah, Plt Kepala Kemenag Provinsi Jatim Drs. H. Jamal, M.Pd.I., Kasi Pendma Disdik Bojonegoro H. Abdul Wahid, M.Pd.I., Deputi SRA Bojonegoro, Kepala RA dan Kepala MA se- Kabupaten Bojonegoro. (wan/pndm.bjngr)

The post Dandim 0813 Bojonegoro Hadiri Deklarasi Madrasah Ramah Anak appeared first on cakrawalanews.co .

Sumber : Cakrawalanews.co

Hankam TNI

Posting Terkait