CHOIRUL ANAM : HUMAS MILIKI PERAN PENTING JAGA KEPERCAYAAN PUBLIK KE KPU

24 views

 

Magetan, kpujatim.go.id- Humas Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki peranan penting untuk menjaga kepercayaan publik kepada KPU. Demikian diungkapkan Ketua KPU Jatim, Choirul Anam saat membuka Rapat Koordinasi (rakor) Evaluasi Partisipasi Masyarakat di rumah makan Harmadha Joglo Magetan (5/7).

Menurut Anam berbagai macam hoax banyak ditujukan untuk KPU.  “Saat ini, apapun mudah menjadi bahan hoax. Misalnya, parmas pada pemilu 2019 yang mencapai 82,35 persen, jauh di atas target nasional, cukup tinggi kenaikannya dari Pilgub Jatim 2018 yang tingkat parmasnya 67,39 persen. Kenaikan parmas yang luar biasa dahsyat ini bukannya mendapatkan apresiasi, malah menjadi bahan hoax,” ujar Ketua KPU Jatim (5/7/2019).

Data ini diolah sedemikian rupa dengan desain yang bagus, sehingga orang awam yang tidak paham akan langsung percaya dengan berita hoax.

“Jadi, Saya kira tugas Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM sebagai humas KPU punya peran penting bagaimana membuat lembaga ini mendapatkan kepercayaan publik. Karena sesuatu yang baik jika tidak ditampilkan dengan kemasan yang baik, masyarakat melihatnya juga tidak baik,” katanya.

Lanjut Anam, “KPU untuk memerangi hoax pemilu 2019 kemarin, membuat tim pembuat meme. Diambil ahli desain untuk membuat meme-meme untuk melawan hoax. Menggunakan meme karena dengan meme lebih mudah. Sehingga tidak perlu menjelaskan dengan detail atau berbelit-belit, dan terjebak dalam kontra produktif”.

Ketua KPU Jatim menenkankan pula, selain membangun citra lembaga, tugas humas KPU menetralisir hoax-hoax seperti ini.

Rakor diagendakan dilaksanakan selama dua (2) hari, Jum’at-Sabtu, tanggal 5 sampai dengan 6 Juli 2019.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

KPU Jatim pemilu Pilgub Jatim Politik

Posting Terkait