Bupati Faida Ajak Jadikan Batik Jember Sebagai Identitas

Click to view slideshow.

Batik telah menjadi warisan budaya Bangsa Indonesia. Motif batik memiliki ciri khas setiap daerah. Di Jember, batik bermotif daun tembakau. Ada pula motif lain yang berasal dari alam Jember.

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Ciri khas Batik Jember ini menjadi inspirasi bagi Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR untuk menjadikan Batik Jember sebagai identitas kedua.

“Mari, batik Jember menjadi salah satu identitas. Bukan orang Jember kalau tidak  punya batik Jember. Identitas orang Jember yang pertama punya KTP Jember, yang kedua punya batik Jember,” kata Bupati Faida dalam acara peringatan Hari Batik Nasional.

Peringatan Hari Batik Nasional ini diselenggarakan oleh Batik Rolla yang berkerjasama dengan 20 organisasi dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Acara ini digelar di Hotel Panorama, Selasa 2 Oktober 2018.

Bupati Faida mengingatkan agar mempertahankan ciri khas batik masing-masing, utamanya ciri khas Jember. Seperti motif daun tembakau.

Pengembangan motif ini juga terjadi karena warga Jember sudah kreatif. Diantaranya telah muncul batik kopi, batik edamame, batik egrang, batik pantai, dan lainnya.

Bagi Bupati Faida semangat Hari Batik menjadi pemersatu semangat semua orang, bergerak untuk ekonomi kerakyatan.

“Mengangkat batik Indonesia, mengangkat batik Jember. Menyatukan banyak pihak dan banyak orang bersatu,” ujarnya. Batik menjadi suatu tolak ukur kecintaan terhadap karya anak bangsa.

Sementara itu, Iriane menjelaskan beberapa tujuan peringatan Hari Batik Nasional. Pengusaha Batil Rolla ini menuturkan, Hari Batik Nasional adalah perayaan untuk memperingati ditetapkannya Batik sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia.

Penetapan Hari Batik Nasional merupakan usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat dan citra Bangsa Indonesia di forum internasional.

Hari Batik Nasional juga sebagai wujud keinginan pemerintah untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia.

Istri Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Ir. Mirfano ini menjelaskan definisi Batik. Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu, yang memiliki khas tersendiri.

Saat ini Batik merupakan salah satu hasil budaya yang telah mendunia.  Pada masa kini pula, batik mulai mendapat sorotan dari generasi muda. Inovasi demi inovasi membuat kalangan muda tidak malu mengenakan batik. Bahkan ada kebanggan mengenakan batik Indonesia.

“Peringatan Hari Batik ini untuk bersilaturahmi dengan komunitas dan masyarakat agar lebih mengenalkan batik warisan nenek moyang yang harus dilestarikan di bumi Indonesia,” katanya.

Dalam peringatan ini digelar juga peragaan busana berbahan batik. Serta pameran batik yang diproduksi dari berbagai kabupaten/kota. (izza/mutia/*f2)

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Sumber : Pemkab Jember