BPBD Sidoarjo : Perbaikan Tanggul Lumpur Diharapkan Selesai Sebelum Musim Hujan Tiba

(SIDOARJOterkini) – Amblesnya tanggul lumpur di titik 67-68 Dusun Pologinting, Kecamatan Tanggulangin mendapat perhatian dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo.

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com

Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo Dwijo Prawito berharap, Panitia Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (PPLS) bisa mempercepat perbaikan dan peninggian tanggul sebelum musim hujan tiba.

“Mudah-mudahan ini bisa diselesaikan sebelum datang musim hujan,” kata Dwijo, Selasa (9/10/2018).

“Kami disini hanya mengantisipasi jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Tapi, PPLS sudah berusaha mengurangi debit air dengan cara overflow, dan dialirkan ke sungai Porong. Sampai dilakukannya perbaikan dan peninggian tanggul,” lanjutnya.

Sedangkan saat ini, menurut Dwijo, pihak BPBD sudah berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.Salah satunya adalah tempat evakuasi jika musim hujan telah datang dan lumpur tetap meluber.

“Sudah kami siapkan di balai desa. Tapi sampai hari ini masih terbilang aman. Meski debit air dan lumpur masih tinggi. Mudah-mudahan secepatnya bisa terselesaikan,” terang Dwijo.

Seperti dikabarkan sebelumnya, tanggul lumpur Sidoarjo, Jumat (5/10/2018) yang berada dititik 67-68 tepatnya di Dusun Pologunting, Desa Gempolsari, Tanggulangin tiba-tiba mengalami penurunan tanah (Ambles). Hal itu kemudian menimbulkan kepanikan  warga di sekitar tanggul. (amr)

Kerja Sama & Iklan Hubungi : 081 2310 1890 (HP/WA) Email : redaksi@jatimterkini.com